Senin, 25 September 2023

Panduan bagi Ayah Bunda tentang Cara Melatih Bayi Berjalan


Anak menjadi kebanggaan bagi setiap orang tua. Setiap fase pertumbuhan selalu menjadi momen yang berharga dan selalu dinantikan. Salah satu fase penting tersebut yaitu kondisi saat bayi mulai belajar berjalan. Bagi Anda yang saat ini menjadi Ayah dan Bunda, ulasan berikut bisa dijadikan panduan sebagai cara melatih bayi berjalan.

 

1.      Belajar Mengangkat Dirinya Sendiri

 

Fase pertama untuk melatih bayi berjalan yaitu dengan mengajari bayi untuk mengangkat dirinya sendiri. Bayi yang berusia 8 bulan sudah memiliki otot-otot yang cukup kuat. Manfaatkan kondisi ini untuk menstimulasi bayi belajar tentang keseimbangan tubuhnya.

 

2.      Berdiri Tegak Tanpa Adanya Bantuan

 

Setelah bayi bisa mengangkat dirinya sendiri dengan bantuan, langkah selanjutnya yaitu And perlu membantu bayi untuk berdiri tegak dengan kemampuannya sendiri. Berikan kesempatan agar bayi menjejakkan kakinya secara tegak sesuai kemauannya. Tak perlu memaksanya terlalu keras. Apabila si kecil sudah kembali duduk, Anda bisa menyemangatinya untuk kembali bangkit dan mencoba berdiri lagi.

 

3.      Berjalan dengan Bantuan Boks

 

Anda bisa membantu si kecil berjalan secara aman dengan menggunakan boks. Letakkan si kecil di dalam boks yang sebelumnya sudah Anda lengkapi pelindung (bumper). Arahkan dia untuk berpegangan pada pinggiran boks dan biarkan dia berjalan untuk mengeksplorasi boks.

 

4.      Berjalan dalam Lintasan Jarak yang Tidak Terlalu Jauh

 

Setelah si kecil berhasil berjalan dalam boks, kembangkanlah kemampuannya untuk berjalan pada lintasan jarak yang dekat. Anda bisa memegangi kedua tangannya dan menstimulasinya untuk menggerakkan kakinya berjalan ke depan. Tak hanya itu, Anda juga bisa berdiri agak menjauh dan memanggil si kecil agar ia berjalan menghampiri Anda.

 

5.      Berjalan dalam Kolam Bola

 

Mengajari bayi berjalan bisa juga dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Ajak si kecil untuk bermain di dalam kolam yang dipenuhi dengan bola. Teknik untuk mengajari bayi berjalan ini aman karena apabila bayi jatuh dia akan ditahan oleh permukaan kolam yang cukup lembut sehingga badannya tidak sakit.

 

6.      Melatih dengan Metode Dorong

 

Anda bisa memberikan permainan dorong untuk bayi yang mulai berlatih berjalan. Di usia ini, bayi akan sangat antusias untuk mengenali lingkungannya. Cara ini bisa Anda manfaatkan dengan memberikannya hadiah yang bisa didorong, misalnya saja baby walker.

 

Mengajari anak berjalan menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi orang tua. Melihat proses tumbuh dan berkembang anak adalah momen penuh suka cita. Selain menerapkan cara melatih bayi berjalan di atas, Anda juga perlu memberikan apresiasi bagi si kecil atas usaha dan proses belajarnya. Berikanlah reward berupa pujian, mainan, maupun makanan kesukaannya agar ia senantiasa terpacu untuk belajar.

Artikel Terkait

Panduan bagi Ayah Bunda tentang Cara Melatih Bayi Berjalan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email