Jumat, 09 Oktober 2020

Mau Mudik, Mending Naik Kendaraan Pribadi atau Transportasi Umum, ya?

Mudik adalah momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh orang yang tengah merantau atau jauh dari tanah kelahiran. Sebab, momen ini merupakan waktu bertemunya sebagian besar atau bahkan seluruh anggota keluarga di hari yang spesial. Sehingga, siapa pun pasti ingin mudik dengan aman sampai  tujuan. Selain mempersiapkan asuransi mudik yang aman,  Anda juga perlu menentukan kendaraan apa yang akan digunakan untuk pulang kampung. Apakah akan menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum.


Untuk menentukan hal tersebut,
berikut adalah 3 pertimbangan penting yang perlu Anda pikirkan sebelum bergegas mudik.

1.   Budget yang Dibutuhkan

 

   Hal pertama yang perlu menjadi pertimbangan Anda tentu saja anggaran untuk transportasi. Jika Anda sedang menimang-nimang untuk membawa kendaraan pribadi, biaya tersebut meliputi bahan bakar, ongkos tol, ongkos parkir, makan selama perjalanan, dan lain-lain. Sedangkan jika menggunakan transportasi umum, Anda perlu mempersiapkan uang untuk tiket atau karcis moda transportasi yang Anda pilih (pesawat, kereta, atau bus), transportasi tambahan lain selama perjalanan hingga tanah kelahiran, makan selama perjalanan, dan lain-lain. 

    

  Masalah budget harus Anda perhitungkan dengan baik agar tidak banyak pengeluaran yang Anda lakukan dan masih memiliki simpanan yang cukup selama berada di kampung halaman.

 

2.   Faktor Kenyamanan

 

    Jika kampung halaman Anda lumayan jauh, maka faktor kenyamanan ini haruslah diperhatikan. Sebab, selama di perjalanan Anda perlu untuk tetap merasa nyaman dan tidak bosan supaya tubuh tetap dalam kondisi fresh setibanya di tempat tujuan.

    

   Jika transportasi umum yang Anda pilih mampu mendukung kenyamanan Anda, maka bisa Anda memilihnya. Namun, jika dirasa transportasi umum yang bisa memenuhi kenyamanan Anda menawarkan harga yang tinggi, maka kendaraan pribadi bisa Anda pilih.

 

3.   Faktor Keamanan

 

   Selama perjalanan, tentu saja Anda tidak tahu apa yang akan terjadi. Baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, keduanya sama-sama memiliki risiko. Apalagi jika Anda mudik di masa pandemi seperti sekarang, yang mengharuskan tiap orang menjaga jarak dengan yang lainnya di tempat umum. 

    

   Jika memilih membawa kendaraan pribadi, masalah tersebut mungkin tidak lagi menjadi pikiran. Paling-paling Anda hanya perlu melengkapi diri dengan perlindungan selama perjalanan. Namun jika Andamemilih transportasi umum, maka Anda harus memastikan bahwa transportasi tersebut sudah menerapkan protokol kesehatan secara baik dan Anda juga mempersiapkan perlindungan diri secara maksimal. Salah satunya ialah dengan memiliki asuransi mudik yang bisa bertanggung jawab jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan selama dalam perjalanan.

Demikianlah ulasan tentang pertimbangan memilih moda transportasi untuk mudik. Jadi, sudah tahu mau menggunakan jenis kendaraan yang mana untuk mudik Anda nanti? 

Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat, ya! 

Artikel Terkait

Mau Mudik, Mending Naik Kendaraan Pribadi atau Transportasi Umum, ya?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email