Selasa, 10 Oktober 2023

14 Peluang Usaha Mandiri Untuk Mahasiswa

14  usaha yang bisa dilakukan mahasiswa untuk menambah uang kuliah bahkan bisa membiayai kuliah sendiri. Berikut beberapa usaha yang tidak mengganggu kuliah namun bisa membantu menghasilkan uang.
Peluang usaha untuk mahasiswa
Sumber Gambar : iFobia
1. Youtube
Semua tau kalau youtube adalah media terpopuler saat ini sebagai media meraup dollar. Menjadi youtuber adalah hal yang sangat mudah dilakukan oleh kaum mileneal apalagi mahasiswa. Dengan berbagai aktifitas kampus tentunya ide membuat konten youtube menjadi lebih banyak. Seperti tutorial, diskusi tentang kuliah, olahraga hobi, aktifitas dalam organisasi dan banyak sekali yang lainnya baik di dalam maupun di luar kampus.

2. Blogger
Membuat blog baik gratis maupun berbayar dapat anda manfaatkan untuk menghasilkan uang dengan mendaftarkan situs anda ke google adsense. Tentu ini tidaklah mudah karna syarat dan ketentuan berlaku. Namun tidak perlu khawatir karna setiap usaha punya peluang untuk sukses apalagi jika anda rajin. Karna kunci blogger sukses adalah rajin membuat konten dan promosi. Tidak perlu punya hobi menulis asal ada kemauan anda hanya perlu memaksakan kebiasaan untuk menulis dan membuat konten. Karna banyak bahan yang ada di sekitar anda yang bisa dijadikan konten.

3. Jasa install ulang dan software tambahan
Jika anda punya kemampuan dalam teknologi computer maka anda adalah salah satu orang yang beruntung karna di era mileneal semua orang tidak lepas dari computer. Anda punya peluang untuk membuka usaha install ulang maupun install software tambahan. Dalam usaha ini anda hanya bermodal kemampuan dan flashdisk/HDD untuk menyimpan data. Buatlah pamphlet atau brosur yang memuat usaha anda dengan tarif terjangkau kemudian cantumkan kontak anda untuk memudahkan orang mencari jasa anda. Usaha ini cukup sukses dikalangan mahasiswa dan pelajar.

4. Jasa Pengetikan
Lancar mengetik tapi buat diri sendiri. Nah saatnya menjadikan jari anda sebagai modal usaha. Mungkin ini dibilang agak jarang mendapat pelanggan karna sekarng semua orang bisa mengetik. Karna itu carilah target yang tepat untuk mendapat pelanggan. Orang yang biasa mencari jasa pengetikan adalah orang yang punya kesibukan atau orang yang dikejar waktu. Akan selalu banyak orang sibuk yang mencari jasa ketik. Maka tetaplah jalankan usaha ini sebagai usaha sampingan anda.

5. Jasa Penerjemah
Jasa terjemahan juga salah satu usaha yang cukup sukses. Biasa dibutuhkan mahasiswa tingkat akhir untuk membuat jurnal dalam bahasa inggris. Mereka bukan tidak bisa membuat hanya saja tidak yakin dengan hasilnya sehingga untuk mendapatkan bahasa inggris yang baik dan benar dalam jurnalnya, andalah yang dicari. Usaha ini dapat dihargai sekittar Rp. 50.000 perlembar bahkan ada yang mengambil tarif perkata. Selain menghasilkan uang, kemampuan bahasa asing anda akan semakin meningkat.

6. Video Creator
Banyak orang yang akan membutuhkan video creator untuk keperluan tertentu maupun sekedar hiburan. Pasarkan kemampuan anda pada beberapa komunitas atau organisasi yang aktif dalam programnya. Buka jasa buat video documenter, video travelling, dan lainnya. Hasilkan uang dari kemampuan anda.

7. Karikatur & WPAP
Hobi desain grafis adalah salah satu hobi yang menghasilkan saat ini. Banyak juga orang yang mencari jasa desain grafis, seperti vector, karikatur dan WPAP. Karna gambar grafis adalah sesuatu yang menarik. Bisa buat hadiah ulang tahun, hadiah wisuda, dan hadiah – hadiah yang lain banyak menggunakan gambar grafis. Bukalah usaha desain grafis dan pasarkan di tiap –tiap fakultas kampus.

8. Jual Pulsa
Nah ini adalah usaha sepanjang zaman yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Modalnya mengisi saldo awal, untuk mengisi saldo berikutnya pakailah keuntungan dari hasil penjualan. Meskipun untungnya sedikit namun usaha terus berjalan dan uang anda tidak mengendap.

9. Selebgram
Usaha yang populer populer saat ini yaitu menjadi selebgram. Bagi kalian yang punya banyak follower instagram. Kalian bisa memanfaatkan dengan membangun personal branding. Membuat konten menarik dan memasarkan produk melalui instagram anda bisa dapat gaji yang fantastis. Tidak harus artis mahasiswa juga bisa melakukannya.

10. Guru Les
Menjadi guru les juga bisa dilakukan oleh mahasiswa. Dengan kemampuan yang anda miliki anda bisa memanfaatkannya dengan membuka les privat atau bergabung di suatu komunitas pendidikan yang punya program kursus.
Dengan begini anda bisa dapat benefit dari aktifitas anda.

11. Joki Tugas
Bolehkah ?
Boleh aja.
Tapi sebaiknya jangan, lebih baik ajarkan bagaimana temanmu bisa menyelesaikan tugasnya.
“Meskipun pada dasarnya kemampuanmu harus dibayar”

12. Pasang Wi-Fi
Pasang Wi-Fi jika anda berada dilingkungan yang ramai anak kuliahan atau pelajar. Buatkan voucher dengan tarif yang murah sehingga orang lebih memilih Wi-Fi dari pada kuota data seluler. Modalnya mungkin cukup besar tapi dengan dengan hasil penjualan voucher, modal anda pasti kembali.

13. Jual Parfum
Tak usah diragukan kalau pemakai parfum adalah mahasiswa. Mahasiswa yang selalu pengin terlihat kece dan percaya diri tentu dengan memakai parfum. Pintar – pintar dalam memasarkan dagangan karna sebagian orang tidak sembarangan dalam membeli barang. Jual parfum yang banyak disukai mahasiswa.

14. Ojek Online
Menjadi ojek online adalah usaha yang fleksibel artinya anda bisa narik kapan saja ketika anda punya waktu luang  sehingga tidak menganggu kuliah anda. meskipun driver ojol sudah banyak namun masih lebih banyak manusia yang butuh layanan ojek.

Tips Memasarkan Usaha Mandiri
- Ikut dan aktif organisai
- Sering ikut event
- Bangun komunitas usaha
- Manfaatkan media sosial
- Mencari target pelanggan sesuai usaha anda
- Buat browsur

Jika anda punya ide yang ke 15, 16 dan seterusnya silahkan tuliskan dikolom komentar sebagai tambahan untuk pengunjung yang lain, terima kasih.
Semoga bermanfaat !

Artikel Terkait

14 Peluang Usaha Mandiri Untuk Mahasiswa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email