Selasa, 02 Maret 2021

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengganti Ban Mobil

Harga mobil bekas memang menarik untuk dipertimbangkan, terlebih bagi Anda yang memiliki dana terbatas namun ingin segera memiliki mobil pribadi. Hanya saja, saat membeli mobil bekas, ada berbagai komponen yang harus diperhatikan agar Anda bisa mendapatkan kendaraan yang aman serta nyaman. Salah satunya adalah ban mobil.

 

Ketika Anda membeli mobil bekas dan ban dirasa harus diganti, maka pemilihannya tidaklah bisa dilakukan secara sembarangan. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika hendak memilih ban mobil:


Harga mobil bekas

 

1.    Cek Ukurannya

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah ukuran dari ban tersebut. Pasalnya, ban mobil memiliki ukuran yang beragam tergantung model dan fungsi dari kendaraan tersebut. Oleh karena itu, sebelum menggantinya, jangan lupa untuk memerhatikan bagaimana tipe dan ukuran ban. Pengecekan ukuran ban bisa Anda lihat di plakat yang ada di pintu, di laci dasbor, atau di bagian belakang tutup tangki pengisian bahan bakar.

 

2.    Periksa Ketebalannya

Untuk mendukung perjalanan Anda terutama di jalan yang tidak rata, ketebalan ban merupakan elemen yang sangat penting. Setiap perusahan ban biasanya telah menetapkan standar secara khusus untuk ketebalan pada ban yang akan diproduksinya. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya risiko yang bisa menimpa pengemudi serta penumpang saat sedang dalam perjalanan.

 

3.    Perhatikan Lebar dan Pola Tapak Ban

Poin berikutnya yang harus diperhatikan adalah lebar dan pola tapak ban. Secara umum, traksi ban akan semakin tinggi jika ukuran bannya semakin lebar. Tak hanya itu, sesuaikan juga pola tapak ban dengan jalan yang ada di daerah Anda tinggal. Jika daerah tersebut sering mengalami hujan, maka bisa memilih pola tapak ban berbentuk V yang mampu menghalau air saat sedang berjalan tempat yang basah.

 

4.    Sesuaikan dengan Kebutuhan

Pemilihan ban mobil haruslah disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pasalnya, setiap pengendara pastinya akan memprioritaskan kenyamanan saat sedang berkendara. Misalnya, jika mobil tersebut akan Anda gunakan untuk melintasi daerah-daerah yang basah, maka kebutuhan pola kembangan tapak ban memiliki peran yang sangat penting.  

 

Pemilihan ban mobil bukan hanya untuk mendukung kenyamanan Anda saja, tetapi juga sangat berpengaruh pada keamanan pengemudi dan penumpangnya. Apalagi jika mobil dikendarai saat musim hujan, maka bisa menyebabkan selip jika ban tidaklah dalam kondisi baik. Oleh karena itu, jika Anda hendak mengganti ban mobil, maka beberapa hal tersebut wajib untuk Anda perhatikan dengan baik.

Artikel Terkait

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengganti Ban Mobil
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email