Senin, 14 Desember 2020

Cara Membuat Print Kain Chiffon Paris yang Bagus dan Berkualitas

Kemajuan teknologi yang kini telah merambah ke sektor indutri pakaian, membuat begitu banyak bahan pakaian yang dibuat dengan motif dicetak menggunakan mesin printer yang khusus mencetak dan membuat motif pada kain. Salah satu bahan pakaian yang dapat dicetak dengan mesin printer adalah bahan chiffon paris.

 

Print Kain

Bahan ini terbuat dari campuran sutra dan kapas, sehingga sangat mudah kusut dan kurang elastis, namun sangat lembut dan transparan. Bisa dikatakan bahan sifon dibuat secara khusus dan spesial dari bahan serat sutra. Mengapa dinamakan chiffon paris? Karena bahan ini memang ditemukan di Paris pada tahun 1938.

 

Kain ini juga dikenal sebagai kain katun paris, yang jika dijual harga kain ini memang terbilang masih cukup mahal untuk kalangan menengah dan menengah ke bawah. Namun, perkembangan zaman membawa pemakaian terhadap bahan ini lebih luas lagi. Hingga pada awal 1950, bahan ini mulai dipadukan dengan polyester atau kapas yang harganya lebih terjangkau. Untuk membuat print kain dari bahan ini cenderung mudah.

 

Cara Membuat Print Kain Chiffon Paris

 

Karena kain ini termasuk ke dalam salah satu jenis kain yang mudah diwarnai dan tidak mudah luntur serta tahan lama. Untuk membuat hasil print chiffon paris yang berkualitas, perlu dilakukan beberapa tahapan berikut ini. Lebih lanjut tentang cara melakukan print terhadap kain chiffon paris, adalah sebagai berikut.

 

Melakukan Pemilihan dan Merancang Desain dan Motif

 

Hal ini bisa dilakukan oleh pemesan atau konsumen yang menginginkan kain chiffon paris dicetak dan diprint. Biasanya konsumen menyiapkan pemilihan warna dan rancangan desainnya dalam bentuk format digital seperti PDF, JPG dan TIFF. Namun, bisa juga disediakan langsung motif, warna dan desainnya oleh jasa print kain.


Menggunakan Tinta Original

 

Dalam melakukan print terhadap bahan chiffon paris ini, tinta yang digunakan sebaiknya tinta yang khusus untuk jenis kain tersebut dan harus yang original, seperti tinta tekstil. Karena tinta tekstil original akan membuat hasil motif, warna, dan desain kain menjadi lebih indah dan menakjubkan.

 

Menggunakan Mesin Printer Berkualitas untuk Print Kain Chiffon Paris

 

Pada jasa print kain yang profesional, mesin printer yang digunakan bukanlah mesin yang sembarangan. Mereka harus membuat pelayanan yang maksimal agar konsumen selalu mencetak print kain ke tempat mereka kembali. Untuk itu mesin yang mereka gunakan juga cenderung sangat canggih. Biasanya nama mesin printernya disebut mesin digital tekstil.

 

Mesin ini memang digunakan khusus mencetak dan memprint serta memproduksi print kain, baik dalam skala besar ataupun kecil. Namun, biasanya pemesanan kain yang diprint akan lebih murah harganya jika dipesan dalam jumlah banyak. Walau Anda masih bisa melakukan pemesanan dalam jumlah sedikit dan dengan kisaran harga 80 ribu sampai 95 ribu per meter.

 

Demikian cara membuat print kain chiffon paris agar hasil print indah dan memukau. Sebagai rekomendasi jasa print kain yang berkualitas Anda bisa mengunjungi website fullprint.id untuk mendapatkan contoh desain kain chiffon print berkualitas denagn harga jasa yang relatif terjangkau. 

Artikel Terkait

Cara Membuat Print Kain Chiffon Paris yang Bagus dan Berkualitas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email