Rabu, 09 September 2020

Apa Itu Pulse Oximeter dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Pulse oximeter adalah sebuah perangkat kecil dan ringan yang digunakan untuk memantau jumlah oksigen yang dibawa dalam tubuh. Alat non-invasif ini menempel tanpa rasa sakit ke ujung jari Anda, mengirimkan dua panjang gelombang cahaya melalui jari untuk mengukur denyut nadi Anda dan berapa banyak oksigen di sistem Anda.


Setelah oksimeter menyelesaikan penilaiannya, layarnya akan menampilkan persentase oksigen dalam darah Anda yang berasal dari jantung Anda serta denyut nadi Anda saat ini. Artikel ini akan menjelaskan pentingnya pengukuran yang diberikan oleh pulse oximeter dan bagaimana pengaruhnya terhadap Anda.

 

Dengan pandemi COVID-19 yang sedang berkembang pesat , ini adalah ide yang baik bagi setiap orang untuk terus memeriksa kadar oksigen darah mereka. Jika mereka melihat penurunan, maka perlu dilakukan tes karena kadar oksigen yang rendah adalah salah satu indikator COVID-19.

 

Menggunakan pulse oximeter non-invasif dan tidak menimbulkan rasa sakit. Ini menghitung jumlah oksigen dalam darah di tempat yang paling jauh dari jantung. Pulse oximeter adalah alat kecil berbentuk klip yang menempel pada bagian tubuh seperti jari tangan, daun telinga, atau jari kaki. 

 

Saat ini Anda bisa mendapatkan oksimeter yang baik antara Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 400.000. Selama masih ada obralan seperti obral yang ada di blibli.com yang akan datang, Anda mungkin dapat membelinya dengan harga yang jauh lebih murah.

 

Selain memantau gejala COVID-19, pulse oximeter bisa sangat berguna, karena dapat mendeteksi masalah kesehatan lain yang terkait dengan kadar oksigen darah. Kondisi seperti ini juga termasuk Asma, Kanker Paru-paru , Pneumonia, Penyakit Paru Obstruktif Kronis dan banyak lagi.

 

Bagaimana cara kerja pulse oximeter?

 

Pulse oximeter ketika melekat pada jari Anda, daun telinga atau kaki balok beberapa lampu kecil yang melewati blog di bagian tubuh Anda oksimeter terpasang juga, sehingga dapat mengukur jumlah oksigen dalam darah Anda. Perangkat ini juga mampu melakukan ini dengan mengukur pola penyerapan cahaya dalam darah yang mengandung oksigen atau terdeoksigenasi.

 

Dalam beberapa detik setelah dinyalakan, pulse oximeter akan memberi tahu Anda tingkat saturasi oksigen Anda bersama dengan detak jantung dan PI% Anda. PI adalah indikator kekuatan relatif sinyal pulsatil dari pulse oximeter.

 

Cara menggunakan pulse oximeter

 

·      Alat pengukur denyut nadi gaya klip harus ditempatkan di jari, daun telinga, atau kaki Anda. Mesin tidak akan menusuk Anda, itu hanya akan membuat Anda merasakan sedikit tekanan.

·     Jari atau bagian tubuh harus diletakkan tepat di bawah cahaya.

·     Dalam beberapa detik setelah dinyalakan, pulse oximeter akan memberi tahu Anda tingkat saturasi oksigen Anda bersama dengan detak jantung dan PI% Anda.

·     Anda mungkin harus menghapus cat kuku, tergantung pada jenis pulse oximeter yang Anda beli.

·     Nyalakan probe.

·     Dalam beberapa detik probe akan mulai menyampaikan informasi akurat tentang tingkat saturasi oksigen darah Anda.

·     Setelah tes selesai dan Anda mendapatkan hasilnya, cukup lepaskan probe dan itu akan mati secara otomatis.


Hitungan di bawah 95 menunjukkan masalah dan saat itulah Anda harus berkonsultasi dengan praktisi medis.

 

Pulse oximeter juga menunjukkan denyut nadi dan memvisualisasikan waktu nyata yang sama dan selama periode lima detik. Satu tombol yang ada pada perangkat dapat digunakan untuk mengisi orientasi layar sebagian besar unit.

Artikel Terkait

Apa Itu Pulse Oximeter dan Bagaimana Cara Menggunakannya?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email