Jumat, 10 Juli 2020

Cuma Modal Pipa Air, 5 Kreasi Unik Ini Bisa Membuat Rumahmu Jadi Lebih Menarik!

Nggak seterusnya pipa air dipakai untuk membuat saluran masuk air atau saluran pembuangan saja. Ternyata ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan pipa ini lho! Kamu bisa menciptakan barang-barang unik yang bisa digunakan sendiri sehari-hari atau bahkan bisa kamu jual ke media sosial.


Beberapa contoh kreasi yang bisa kamu ciptakan untuk digunakan sendiri di rumah antara lain seperti jemuran baju, pagar, tempat peralatan perkakas, mainan anak-anak, dan masih banyak lagi ide-ide kreatif lainnya yang bisa kamu ciptakan dari pipa air pvc.

Apa saja kreasi lainnya itu? Nah, berikut ini beberapa inspirasi kreasi DIY berbahan dasar pipa air. Mudah-mudahan bisa membantu kamu di rumah ya.

1. Kursi Kecil Untuk Anak-anak

Membuat kursi untuk anak-anak menjadi salah satu pilihan yang paling mudah untuk kamu buat. Dengan memanfaatkan pipa pvc kamu bisa menciptakan sebuah bangku kecil yang imut serta keren.

Bangku mini untuk anak-anak seperti ini berguna sekali untuk si buah hati dirumah. Nah, kamu harus menyediakan pipa berukuran 2 inch dan sambungan pipa air T dan L juga kain untuk duduknya. 

Langkah membuatnya : Kamu tinggal mengukur atau membuat tafsiran sendiri untuk ukurannya dan memotongnya sesuai ukuran. Selesai memotong kamu tinggal menyambungnya satu per satu pipa itu dan jadilah sebuah kursi kecil untuk anak-anak.

2. Tempat menyimpan peralatan

Nah, untuk kreasi yang kedua ini sangat mudah banget untuk membuatnya guys. Daripada membelinya, kamu tinggal mencari pipa air bekas berukuran 2,5 inch atau 3 inch. Potong seragam seperti foto diatas, lalu tempelkan dengan paku di dinding. Oh ya, sebaiknya cuci terlebih dahulu pipa tersebut jika pipa itu bekas pakai.

3. Membuat tanaman hidroponik

Sebelum membuat nya, aku mau ngasih sedikit bocoran kalau tanaman hidroponik itu harganya jauh lebih mahal dipasaran, so? Untuk membuatnya kamu tidak usah pusing karena tidak memerlukan lahan yang besar.

Kamu bisa menanam sayuran untuk konsumsi sehari-hari, atau tanaman lainnya yang kamu sukai didepan rumah.

Dengan demikian, kegiatan kamu pun menjadi bertambah dan semakin sehat karena mengkonsumsi hasil sayuran yang ditanam sendiri. Untuk hidroponik, kamu bisa menggunakan pipa mulai ukuran 3 hingga 6 inch beserta sambungan. Tergantung luasnya lokasi.

4. Dudukan Laptop Keren

Nggak perlu beli mahal-mahal untuk bisa nyenderin laptop kamu. Cukup dengan memanfaatkan pipa seperti pada  gambar di atas untuk membuat dudukan laptop sederhana namun kuat.

Berdasarkan pengalaman saya, beberapa dudukan atau meja laptop atau meja portable tidak kuat untuk dipakai. Nah, kamu bisa membuat dudukan sendiri di rumah.

5. Rak Buku dari pipa

Nah, yang terakhir ini nggak kalah penting untuk ditempel di rumah. Kamu bisa membuat rak buku sendiri di rumah dengan pipa dan beberapa papan untuk pelengkapnya. Kamu bisa contoh gambar diatas untuk ukuran dan penempatan nya.

Gimana guys? Simpel dan mudah bukan kreasi-kreasi berbahan dari pipa air diatas. Dengan langkah sederhana, kamu bisa membuat barang-barang yang tentu saja berguna untuk dipakai sehari-hari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya teman!

Artikel Terkait

Cuma Modal Pipa Air, 5 Kreasi Unik Ini Bisa Membuat Rumahmu Jadi Lebih Menarik!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email