Jumat, 03 Juli 2020

12 Tips Memakai Laptop Supaya Awet, Tidak Lemot

Tips – tips memakai laptop agar tidak cepat rusak dan tidak lemot. Laptop merupakan barang elektronik yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti bekerja dan mengerjakan tugas. Dengan adanya laptop beberapa pekerjaan menjadi mudah dan cepat. Oleh karna itu laptop harus dirawat supaya selalu dalam kondisi baik saat digunakan.
Tips Merawat Laptop
Tips, Laptop Awet Tidak Lemot
Beberapa tips sederhana merawat laptop yang perlu perhatikan adalah sebagai berikut.

1. Jangan Banyak Install Aplikasi
Banyak menginstal software atau aplikasi membuat laptop bekerja lebih berat karena harus menjalakankan banyak software secara bersamaan. Sebaiknya install software memang diperlukan agar laptop tetap lancer dan fast loading

2. Pasang Antivirus
Pasang antivirus untuk menangkal virus-virus yang masuk baik dari online saat bowsing atau saat offline ketika mengirim file melalui fashdisk atau kabel data. Sehingga laptop terjaga dari gangguan virus atau maleware yang dapat merusak mesin laptop.

3. Hindari Overfile
Hindari menyimpan banyak file yang tidak penting atau menympan banyak file sama agar harddisk laptop tidak cepat penuh. Banyak menyimpan file dapat mengurangi kinerja laptop, membuat laptop jadi lemot saat membuka file dan menjalankan aplikasi. Bahkan bisa lebih sering not responding atau hang. Karna itu kurang dokumen berupa video, foto, data atau yang lain yang tidak penting. Segera hapus dan bersihkan.

4. Hindari Multitasking
Maksudnya adalah hindari menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Seperti membuka, word, excel, power point, google, music pada saat yang sama. Apalagi aplikasi yang dibuka adalah aplikasi yang berat akibatnya laptop bisa lambat.

5. Install Aplikasi Sesuai RAM
Jangan memaksakan menginstal aplikasi yang berat melebihi spesifikasi laptop. Misanya jika laptop anda RAMnya 2GB makanya sebaiknya hanya menginstal aplikasi yang support di laptop RAM 2GB. Karna jika dipaksakan akibatnya laptop ada tidak bekerja secara optimal.

6. Awas Overhot
Overhot atau terlalu panas akibat dari pemakaian terus menerus. Barang elektronik seperti laptop harus dikontrol dalam pemakaian meskipun banyak yang harus dikerjakan supaya tidak panas. Overhot dapat merusak baterai dan mesin laptop bisa terbakar. Karna itu jika anda merasa laptop sudah terlalu panas maka sebaiknya dimatikan untuk beberapa saat baru digunakan kembali.

7. Nyalakan Berkala
Jika anda tidak bekerja menggunakan laptop dan jarang digunakan. Jangan lupa untuk dinyalakan dan jangan biarkan mati dalam waktu yang lama. Hidup walau sekedar mendengarkan music atau buat nonton untuk memaastikan laptop masih dalam kondisi baik – baik saja.

8. Cek Komponen Secara Berkala
Cek semua komponen laptop secara berkala, keyboardnya digunakan untuk mengetik apa saja agar tidak lengket. CD roomnya, USBnya, Speakernya selalu dipakai untuk memastikan masih bisa digunakan.

9. Bersihkan Trash
Terkadang Trash selalu terabaikan dan jarang diperhatikan untuk dibersihkan. Padahal dampaknya juga sama seperti menampung banyak file yaitu membuat laptop jadi lemot. Karna itu jaga trash tetap bersih agar laptop tetap lancar.

10. Cabut Carger Saat Dipakai
Laptop yang sedang digunakan sebaiknya tidak dalam keadaan dicas. Kalau baterai sudah terisi penuh carger dicabut untuk menghindari resiko kerusakan. Jika laptop dipakai sambil dicas dan baterai sudah penuh anda bisa cabut baterai dan menggunakannya tanpa baterai. Resiko menyalakan laptop sambil dicas sangat besar, misalnya ternyadi konslet pada listrik maka laptop anda akan terkena dampaknya. Mungkin saja bisa mati tiba-tiba bahkan baterai anda bisa rusak dan tidak berfungsi sama sekali.

11. Gunakan Kipas (Cooling Pad)
Gunakan cooling pad untuk membantu laptop mengurangi panas dalam bekerja. Meskipun memakai cooling pad membuat baterai lebih cepat berkurang namun itu lebih baik dari pada laptop yang panas.

12. Bersihkan Permukaan
Terakhir jangan lupa untuk selalu membersihkan permukaan laptop agar laptop aman dari debu-debu yang dapat merusak komponen laptop seperti keyboard, layar, USB, CD Room, dan Touch Pad. Dan juga agar debu tidak masuk ke dalam mesin melalui lubang – lubang permukaan laptop.

Itulah beberapa tips memakai dan merawat laptop supaya tidak cepat rusak, awet dan tidak lemot. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

12 Tips Memakai Laptop Supaya Awet, Tidak Lemot
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email