Senin, 13 Juli 2020

Tips Membeli HP Second Agar Tidak Rugi

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat beli hp bekas/second agar tidak rugi. Banyaknya pengguna Handphone dan rilisnya HP baru sangat meninggkat tajam sehinngga menjadikan HP sebagai bahan dagangan adalah hal yang bagus dan menguntungkan. Namun hp adalah barang elektronik yang harganya semakin lama semakin turun apalagi hp yang dijual/beli adalah hp second. Karena itu maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli hp second/bekas.
Tips Membeli HP Second
sumber gambar : THE VERGE

1. Periksa Kelengkapan Barang
Pastikan anda membeli hp yang lengkap komponennya seperti charger, headset, Simcard Ejector Tray (Pembuka kartu), bahkan kotak dan garansinya jika perlu. Periksa apakah headset dan cargernya asli atau bukan karna tentunya yang asli lebih bagus.

2. Cek Fungsi Barang
Setelah komponen lengkap selanjutnya yaitu memeriksa apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak, yang perlu diperiksa yaitu
  • Tombol on-off dan volume atau tombol lain yang menempel di hp.
  • Touchscreen, apakah masih sensetif dengan sentuhan cobalah menekan beberapa bagian dari layar atau sekedar menulis pesan untuk mengetahui sensetifitas layar. Cepat atau lambatnya loading.
  • Cacat layar, hp yang digunakan untuk main game akan mengalami cacat dibeberapa bagian layar seperti bintik hitam atau hitam terbakar. Ada beberapa hp yang cacat layarnya tidak ampak sehingga untuk mengeceknya buka apapun yang berwarna putih kemudian perhatikan layar dari samping maka akan terlihat cacatnya jika ada.
  • Speaker dengan dan tanpa headset.
  • Charger. Diperiksa apakah mengisi dengan cepat atau lama, longgar atau normal.
  • Fingerprint atau sidik jari jika ada silahkan diperiksa.
  • Lensa camera dicek dengan mengambil beberapa foto baru.
  • Senter, sangat penting ketika mati lampu jadi harus diperiksa.
3. Cek Aplikasi Terinstal
Aplikasi yang terinstal berpengaruh pada kacepatan loading meskipun kecil tapi tetap dipertimbangkan. Berpengaruh juga pada storage atau memory penyimpanan.

hp yang banyak terinstal game akan banyak mengurangi kinerja hp sehingga anda harus membuat penawaran yang sesuai.

4. Spesifikasi
Untuk meyakinkan. Cek spesifikasi apakah sudah sesuai dengan yang anda inginkan. Untuk melihat speknya silahkan buka dipengaturan.
Cek juga androidnya sudah diperbarui atau belum (kalo Android).

5. Lihat Tanggal Rilis
Sering-sering update berita mobile phone sehingga anda tahu jenis – jenis hp terbaru dan juga kapan rilisnya. carilah informasi mengenai hp yang akan dibeli di google. jangan membeli hp yang sudah lama dirilis/keluar. Karna hp produk lama dapat merugikan anda. belilah yang masih laku dipasaran dan support atau punya fitur terbaru. Misalnya jika anda sekarang membeli hp yang koneksi internetnya masih 3G maka akan sangat merugikan baik dari pemakain dan nilai jual.

6. Cek Harga
Sebelum sepakat untuk membeli sebaiknya cari tau dulu berapa harga pasarnya. Banyak informasi mengenai itu silahkan cari di google, di toko online atau jual beli online atau yang lainnya.

7. Lama Pemakian
Tanyakan pada penjuala kapan dia membeli hpnya, sehingga anda tau berapa lama hp tersebut digunakan. Atau dengan mengecek langsung di hp caranya
Buka phone ketik *#12580*369#
Akan muncul main version, pada RF Cal adalah tahun bulan dan tanggal.
Pemakaian terhitung mulai dari situ.

8. Rekomendasi Teman
Jika anda kurang paham mengenai hp dan kurang yakin dengan informasi yang didapat mintalah bantuan teman yang ngerti dan paham tentang hp.

Itulah beberapa tips membeli handphone bekas semoga dapat membantu.

Artikel Terkait

Tips Membeli HP Second Agar Tidak Rugi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email