Minggu, 04 Agustus 2019

KARANG TARUNA TUNAS MUDA DESA POLAGAN


KARANG TARUNA TUNAS MUDA DESA POLAGAN 

Kedudukan karang taruna berada di tingkat desa/kelurahan atau yang sejajar yang berada di tempat tersebut.

Karang taruna sebagai organisasi sosial yang di bentuk dan di kelola oleh anak muda yang ada di desa, organisasi sosial dapat di rujuk dalam PASAL 1 UU NO 8 tahun 1985. Organisasi karang taruna di bentuk untuk kerja sama atas dasar kesamaan, kegiatan, fungsi yang berlandaskan kegiatan yang mendukung untuk pemuda menjadi lebih berguna terhadap masyarakat itu sendiri.

Tugas pokok karang taruna
Tugas pokok karang taruna adalah mengabdi kepada masyarakat menciptakan kedamaian dan ketentraman sosial , mengabdi dengan berdasarkan rasa cita tanpa ada paksaan dari pihak manapun, dan juga tanpa rasa pamrih atas apa yang di lakukan selama menjadi angota karang taruna. Rasa semangat ini timbul atas rasa yang tiada rasa mengeluh berusaha untuk memajukan desanya sendiri meskipun bergagai tantangan yang begitu berat, tidak ada dukungan dari pihak lain, kita harus bisa membuat semua itu di transformasikan sebagai rasa semangat yang membara sebagai pejuang desa.
 

Tugas pokok karang taruna ini membuat kegiatan positif terhadap masyarakat, meliputi berbagai bidang aspek seperti bidang olahraga, agama, humas, dana usaha dan pendidikan, membuat program yang bisa dirasakan oleh masyarakat itu sendiri dan masyarakat ikut bepartisipasi didalamnya bahkan menjadi anggota karang taruna. Selain motivasi dalam anggotanya juga perlu dukungan penuh dari masyarakat terutama kepala desa, karena segala acara akan berjalan ketika ada bantuan dana dari kepala desa ataupun pihak terkait, masyarakat berperan sebagai partisipan di dalamnya.
Dibawah ini adalah penjelasan bidang-bidang yang ada di dalam organisasi  Karang Taruna Tunas Muda Desa Polagan.

1. Bidang Keagamaan
Untuk kegiatan dalam bidang keagamaan ini dipelopori langsung oleh departemen seksi keagamaan, kegiatannya meliputi, mengadakan acara yang berkaitan dengan hari-hari besar islam, melaksanakan peryaan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, isra’ mi’raj, tahun baru hijriyah. Kegiatan lombanya, seperi tartil quran, lomba shalawat dan lainnya.

Acara ini turut mengundang masyarakat setempat, kepala desa serta aparatur desa, dana yang di butuhkan pada acara ini dengan mengajukan proposal kepada tokoh masyarakat maupun yang mendukung agar kegiatan terlaksana.

2. Bidang  Keolahragan
Pada basis ini meingadakan kegiatan olahraga yang di sukai oleh  masyarakat pemuda ,seperti sepak bola, futsal, volley, dan semacamnya untuk terlaksananya acara ini dibutuhkan lapangan dan fasilitas yang memadai , dimana persediaan tempat ini merupakan tugas pokok oleh kepala desa, agar kegiatan ini berlangsung dengan baik.

Kegiatan ini di komandani langsung oleh seksi olahraga yang mengatur bagaimana persediaannya baik pemain maupun lapangannya, dan juga harus memiliki daya tarik tersendiri supaya banyak pemuda yang berpartsipasi di dalamnya.

3. Bidang Humas
Untuk  seksi ini bergerak di bidang kemasyarakatan dengan adanya seksi ini untuk mempermudah dalam menjalin komunikasi dengan masyarakat istilahya sama seperti penyambung lidah antara masyarakat dan internal dari karang taruna.

Ketika di dalam karang taruna mengadakan lomba disini seksi yang bertangggung jawab itu adalah sie humas sebagai penyalur info dari internal karang taruna kepada masyarakat secara luas.

4. Bidang Pendidikan
Departeman pendidikan ini bergerak di bidang pendidikan karena juga berfungsi sebagai kontrol sosial dimana peranannya sangat penting bagi masyarakat desa terutama untu anak-anak. Salah satu contoh yang di adakan oleh seksi ini sala satunya adalah mebuat tempat kursus atau pun les sebagai penunjang ilmu diluar lingkungan sekolah.

Dengan begitu output yang di hasilkan generasi muda lebih siap menghadapi tantangan zaman agar menjadi  orang yang berilmu dan menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara.

5. Bidang Dana Usaha
Departemen Dana usaha disini menjadi kran keluar masuknya uang karena perannya yang sangat penting sebagai mesin pemasukan uang ke dalam kas karang taruna, dengan begitu segala acara bisa berjalan dengan baik apabila kas yang ada dalam karang taruna selalu stabil dimana bisa berguna pada acara kegiatan desa.

Salah satu contoh yang menjadi program karang taruna TUNAS MUDA adalah produk tahu rambutan, produk ini sudah disebarkan secara merata di pasarkan oleh karang taruna ke seluruh dusun yang ada di desa Polagan meskipun tidak semuanya masyarakat yang ada di desa polagan tau bahwa ada produk karang taruna ini dengan nama tahu rambutan.

Itulah sedikit informasi tentang karang taruna di desa polagan. Bagaimana pemuda-pemuda desa yang ada didalamnya memberikan kontribusi nyata terhadap desanya sendiri. Sebagai generasi muda yang diharapkan oleh para pejuang-pejuang negara indonesia terdahulu. Tetap kompak karang taruna tunas muda desa polagan.

Artikel Terkait

KARANG TARUNA TUNAS MUDA DESA POLAGAN
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email