Jumat, 19 Juli 2019

Pengertian Bitcoin, Cryptocurrency, dan Sathosi Uang Masa Depan

Apa Itu Bitcoin, Cryptocurrency, dan Sathosi
Mungkin sebagian dari kita sudah tau apa itu  cryptocurrency, eh tunggu!! Apa itu cryptocurrency, cryptocurrency merupakan mata uang digital atau lebih tepatnya aset digital ada banyak macam cryptocurrency, tapi yang lebih populer dikalangan masyarakat indonesia tidak lain dan tidak bukan adalah bitcoin. Bitcoin merupakan salah satu aset digital yang sering diperdagangkan oleh penggemar cryptocurrency diseluruh dunia termasuk di indonesia, kepopuleran bitcoin membuatnya sebagai aset digital yang paling dicari, bahkan nilai 1 bitcoin tidak tanggung-tanggung hampir mencapai harga unit mobil sedan, lumayan bukan!!!

Bitcoin itu seperti apa sih??

Bagi yang belum tau apa itu bitcoin, sebenarnya sudah saya katakan bahwa cryptocurrency termasuk bitcoin tidak mempunyai wujud secara fisik, bitcoin adalah algoritma yang memang diciptakan untuk dijadikan nilai mata uang digital, bitcoin diciptakan oleh seseorang dengan nama samaran jepang yaitu Satoshi Nakamura dan sampai sekarang identitas dari penemu bitcoin tersebut masih menjadi hal yang misterius, tapi ada beberapa artikel yang mencoba mengungkap siapa itu Satoshi Nakamura, Tapi siapapun itu Satoshi Nakamura, tentunya pecinta bitcoin harusnya berterima kasih pada orang yang telah menciptakan bitcoin tersebut. wahh memang canggih penemu bitcoin ini yah.

Berdasarkan sumber yang beredar bitcoin diciptakan tidak lebih dari 21 juta keping saja, berbeda dengan mata uang konvensional yang dicetak sesuai kebutuhan negara tersebut. Bitcoin tidak begitu, ia hanya berjumlah 21 juta keeping yang ada didunia ini dan tidak akan bertambah.

Bitcoin lahir sekitar tahun 2009 atau sekitar sepuluh tahun yang lalu (sekarang 2019) tetapi dengan banyaknya peminat bitcoin tak ayal membuat harga bitcoin semakin melesat tak karuan bahkan hingga ratusan juta perkepingnya, entah dimasa yang akan datang nilai bitcoin akan terus melonjak atau akan mengalami penurunan.

Tak hanya itu peminatnya pun semakin tinggi, baik yang hanya sekedar pengen main-main bahkan sampai pedagang bitcoin professional, kepopulerannya ini membuat kita tentunya ingin lebih jauh mengenal bitcoin disamping harganya yang begitu menggiurkan dengan kisaran harga US$ 9.000 - 11.000 yaa. kalau dikurs kan ke rupiah sekitar Rp 120 jutaan lebih. Nilai yang sangat fantastis bukan,  harga tersebut sudah melambung sangat tinggi dari pertama kali saya mengenal bitcoin, dulu saya pertama kali mengenal bitcoin harganya masih dikisaran Rp 40-50 jutaan dan sekarang harganya sudah semakin melambung tinggi. 

Bagi teman - teman yang memiliki ketertarikan untuk mencoba peruntungan dagang bitcoin anda juga harus mengerti istilah - istilah yang sering digunakan dalam bitcoin. Selain istilah cryptocurrency ada istilah lain yang sering melekat pada bitcoin yaitu istilah satoshi.

Apa itu satoshi? seperti nama orang tadi.

Satoshi seperti dijelaskan adalah nama dari penemu dari bitcoin tadi tetapi lebih dari itu satoshi yang saya maksud disini adalah satuan terkecil dari bitcoin, contohnya seperti mata uang dollar yang satuan terkecilnya adalah sen, jadi US$ 1 adalah kumpulan dari beberapa sen (cent), nah! dari beberapa sen tersebut jika terkumpul maka menjadi satuan yang lebih tinggi yaitu dollar. Begitupun bitcoin, satoshi merupakan bagian terkecil dari bitcoin, jadi intinya 1 bitcoin merupakan kumpulan dari satoshi.

Berapa satoshi yang diperlukan untuk jadi 1 bitcoin?

untuk mencapai satu keping bicoin maka maka anda harus memiliki sekitar 1,000,000, 00 keping satoshi. Jadi 1 bitcoin = 1,000,000,00 satoshi. maka anda harus mengumpulkan sekitar satu juta satoshi untuk menjadi satu bitcoin yang utuh, tentunya itu sesuatu hal yang menarik bukan. dan hal ini kembali pada diri anda masing - masing, mengingat harganya sudah terlampau tak karuan tinggi apakah anda tertarik untuk memiliki bitcoin. Tunggu artikel selanjutnya yang akan membahas tentang bagaimana cara mendapatkan bitcoin dari internet.

Kesimpulan
Seiring bertambahnya zaman, kecanggihan elektronik bukan hanya pada benda akan tetapi sudah menyentuh pada uang  seperti yang kita kenal  dengan istilah uang eletronik.  Apakah kita siap menghadapi semua itu dan memiliknya?.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kalian

Artikel Terkait

Pengertian Bitcoin, Cryptocurrency, dan Sathosi Uang Masa Depan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email