Jumat, 02 Februari 2018

Atasi Kolesterol Segera Sebelum Menjadi Komplikasi

Masalah kolesterol tinggi bisa menyerang siapapun. Tidak hanya oraang yang sudah berusia lanjut saja, tetapi juga untuk kamu yang masih muda. Sayangnya tidak ada gejala apapun yang dirasakan oleh seseorang yang mengalami masalah kolesterol. Akibatnya kolesterol sudah terlanjur menyebabkan kamu terkena berbagai penyakit. Itulah sebabnya banyak dokter yang menyarankan agar selalu melakukan pengecekan kadar kolesterol secara rutin supaya kita bisa menurunkan kolesterol sebelum menjadi komplikasi.

Mungkin kamu masih mengabaikan hal ini karena belum sadar seberapa bahayanya kompliikasi yang bisa terjadi. Nah supaya kamu lebih waspada, coba baca beberapa komplikasi akibat kolesterol tinggi berikut ini: (sc: mediskus)

Penyakit jantung koroner
Penyakit jantung koroner (PJK) atau sering juga disebut serangan jantung adalah kondisi dimana jantung tidak menerima aliran darah akibat penyempitan pembuluh darah. Penyempitan ini bisa terjadi akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah yang menumpuk pada dinding pembuluh darah (plak). Ketika kolesterol tinggi tidak segera diatasi, maka penumpukan plak ini akan semakin parah hingga bisa benar-benar menghalangi aliran darah ke jantung.

Stroke
Selain dapat menyumbat aliran darah ke jantung, plak juga bisa menghalangi aliran darah ke otak. Padahal otak adalah bagian tubuh manusia yang sangat sensitif dan sangat penting untuk tetap dialiri oksigen maupun darah. Ketika otak tidak mendapatkan aliran darah yang cukup, maka akan semakin meningkatkan risiko terjadinya stroke.

Penyakit pembuluh darah perifer
Sebenarnya penyebabnya sama seperti dua poin di atas, yaitu karena terjadi penumpukan plak di pembuluh darah arteri. Hanya saja masalah ini umumnya terjadi akibat sirkulasi darah ke kaki terganggu.

Selain dari ketiga masalah di atas, kolesterol tinggi juga saling berkaitan dengan diabetes dan hipertensi. Seseorang yang mengalami masalah kolesterol berisiko tinggi untuk terkena kedua penyakit ini. Itulah sebabnya sangat penting jika kamu segera mengatasi masalah kolesterol tinggi ini sedini mungkin. Jangan tunggu sampai tubuhmu menunjukkan gejala, karena ketika itu terjadi artinya masalah kolesterol ini sudah parah. (Vita)

Artikel Terkait

Atasi Kolesterol Segera Sebelum Menjadi Komplikasi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email