Jumat, 22 Desember 2023

Mengenal Pentingnya Apa itu Sentimen?

Dalam dunia perdagangan pasar investasi, para investor harus memiliki sentimen pasar yang baik. Apa itu sentimen? Secara psikolog sentimen merupakan sebuah perasaan yang menghampiri dari pergerakan harga suatu pasar.



Sentimen pasar (market sentumen) yaitu perilaku secara menyeluruh dari investor atau pelaku pasar pada aktivitas harga suatu pasar. Umumnya, terdapat dua istilah yang populer yang menggambarkan market sentiment yakni bearish (pesimis dan negatif) serta bullish (optimis dan positif).

 

Memahami sentimen pasar ini sangat penting, karena dapat mendatangkan sejumlah keuntungan pada investor. Dengan memahami market sentiment ini, dapat memiliki pandangan ataupun menentukan tahap siklus market sentiment yang akan dimasuki.

 

Adanya sentimen yang mendorong penawaran dan permintaan, akhirnya akan mempengaruhi pergerakan harga. Oleh karena itu, sentimen pasar ini dapat mempengaruhi harga. Apabila sentimen pasar positif (bullish) ketika harga naik, adapun bearish ketika harga turun.

 

Umumnya para investor menggunakan kerangka perdagangan dan indikator sentimen pasar yang digabungkan untuk mempermudah sinyal masuk dan keluar pasar. Cara untuk mendapatkan hasil maksimal bagi investor yaitu guna mengukur suasana di pasar dengan tepat sehingga mengambil tindakan lebih cepat ketika telah mengetahui perkiraan pasar.


Adapun contoh bagaimana sentimen pasar ini mempengaruhi harga. Salah satu contohnya yaitu bitcoin. Bitcoin merupakan mata uang digital yang diedarkan secara elektronik diluncurkan pada tahun 2009. Saat ini usianya telah memasuki 12 tahun dan nilainya terus meningkat. Awalnya Bitcoin tidak begitu terkenal tetapi sejak tahun 2017 ramai diperbincangkan di pasar internasional sehingga menarik media untuk mengekspos informasi mengenai Bitcoin lebih terperinci. Dari sini banyak para investor yang melirik bitcoin sebagai tempat investasi yang memiliki keuntungan tinggi. Informasi yang diberikan media membuat sentimen positif sehingga mempengaruhi harga Bitcoin semakin tinggi.

 

Dari sini dapat lihat apabila sentimen ini positif maka harga produk invest baik berupa saham ataupun bitcoin itu sendiri akan memiliki nilai tinggi. Tapi sebaliknya apabila sentimen pasar negatif ini akan mempengaruhi harga semakin turun.

Artikel Terkait

Mengenal Pentingnya Apa itu Sentimen?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email