Kamis, 15 Februari 2024

Tips Efektif Belajar Di Rumah

Tips Efektif Belajar Di Rumah
 
Seperti kita ketahui ada istilah rumahku itu adalah surgaku, dan itu adalah istilah yang sering kita dengar waktu kita masikh kecil. Karena setiap kita kemanapun pergi maka kita akan kembali ke rumah masing-masing.

Saat ini mewabahnya virus corona atau covid-19 oleh pemerintah dianjurkan untuk tetap di rumah, belajar dari rumah dan bekerja dari rumah, dan kejadian ini merupakan hal yang merubah fikiran kita agar lebih efektif.
Tapi, karena jika kita memiliki anak, kita selaku orang tua harus bisa memaksimalkan belajar dirumah ini dengan cara yang lebih efektif,  sehingga kita tahu pengetahuan anak kita sampai mana dia faham akan materi yang iya terima disekolah.
Kita harus bisa membuat anak itu nyaman untuk belajar dirumah, bagaimana caranya orang tua harus kratif mengkreasikan agar anak semangat belajar meskipun dirumah dan bukan karena tekanan dari  orang tua.

Belajar dirumah merupakan hal yang sangat baik untuk saat ini dengan membuat jadwal agar anak-anak tidak buyar fokusnya ketika belajar. Misalnya saja saat belajar jauhakan anak dari jangkauan televisi menagapa? Karena jika anak-anak belajar di depan televisi fokus mereka akan pecah dan tidak akan konsentrasi. Jadi kita harus punya cara selaku orang tua agar anak-anak belajar dirumah bisa kodusif.


Tips Efektif Belajar Di Rumah

1.       Pilih tempat belajar yang nyaman
Sebelum  sepakat kepada anak kita dimana kita akan membimbing mereka untuk belajar . kita harus mencari tempat yang paling nyaman.

Usahakan jangan di atas tempa tidur karena jika memilih tempat ini anak-anak lebih mudah mengantuk.

Dan jangan pilih tempat yang banyak keramaian kenapa?  Anak-anak jadi tidak fokus karena mendengar suara dari luar.

Kalau kita dan anak sudah mendapatkan tempat untuk belajar dan anak kita sepakat untuk belajardii tempat itu. Langkah selanjutnya adalah merapikan dan menata tempat belajar itu agar anak-anak bisa mudah beradaptasi dan jangan lupa bilang ke anak kita “anggap saja tempat ini adalah ruang kelas kamu seperti di sekolah nak”.

Jika tempat yang kita gunakan panas kita bisa menyediakan kipas agar anak-anak tetap fokus belajar, dan jangan lupa beri dia motivasi betapa penitngnya belajar untuk masa depan kelak.

2.       Pillih kapan waktu belajar
Jika memilih tempat sudah, kita selaku orang tua membuat jadwal belajar kepada anak-anak. Usahakan untuk pertama kali jangan menekan anak untuk belajar terlalu lama karena hal demikian bisa membut anak-anak cepat bosan.

Orang tua bisa memulai dengan waktu 10 – 15 menit. Untuk esoh harinya pelahan bisa di tambah lagi.

Ciptakan suasana belajar yang nyaman sekalipun anak-anak tidak punya tugas (PR). Agar dia terbiasa untuk belajar dan bukan karena paksaan.

3.       Membuat alarm
Hal kecil seperti memuat alarm membuat anak lebih ingat untuk belajar. Gunakan kebiasaan ini agar anak bisa lebih menghargai waktu. dan secara perlahan anak bisa faham begitu pentingnya waktu itu.

Jika anak mulai bosan dan tidak faham terhadap materi yang ia pelajari. Kita harus membuat cara dengan memberikan stimulus kepada anak kita.  Kita selaku orang tua mengajak anak kita untuk melakukan refreshing agar fikiran kembali segar.

Kasih tau anak-anak betapa pentingnya refreshing agar kita tidak jenuh terhadap apa yang kita lakukan.

4.       Meminta bantuan kakak
Jika kita memiliki anak kecil karena dia tidak faham terhadap materi yang disampaikan , kita bisa meinta bantua kepada kakaknya namun apabila kita hanya memiliki anak tunggal kita sendiri bisa membimbing mereka agar materi yang mereka tidak mengerti bisa cepat faham.

Tips Efektif Belajar Di Rumah

5.       Membuat soal ujian

Seperti disekolah pasti ada yang namanya ulangan harian. Kita selaku orang tua harus pintar-pintar membuat suasana belajar di rumah hampir sama dengan sekolah agar anak-anak tetap semangat belajar.

Dengan membuat soal dan mengerjakannya kita tahu sejauh mana anak kita faham akan materi yang ia pelajari selama ini.
Setelah kita mengetahui sampai mana dan sejau mana anak faham terhadapat materi. Kita bisa memberi saran kepada anak kita agar ditingkatkan kembali belajarnya.
Dan yang terakhir tetap berikan motivasi terhadapa anak kita dan jangan lupa hargai usaha anak kita agar mereka tetap semangat belajar dan lebih semangat.

Artikel Terkait

Tips Efektif Belajar Di Rumah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email