Rabu, 01 April 2020

Cara Mencegah Penularan Virus Covid-19

Cara Mencegah Penularan Virus Covid-19
Akhir-akhir ini penyebaran virus corona di Indonesia semakin meluas. Pemerintah menghimbau kepada seluruh wargannya agar disiplin menjaga kebersihan supaya penyebaran virus covid-19. Berbagai himabauan kepada seluruh masyarakat Indonesia mulai dari diam aja dirumah bekerja rumah dan melakukan social distancing.

Kami akan memberikan tips buat kalian agar dapat mencegah penyebaran virus covid-19
Diam Dirumah.

Cara ini adalah cara paling efektif untuk meminimalisir penyebaran virus corona. Himbauan dari pemerintah dianjurkan agar tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan. Karena jika kita dirumah kitak terhindar dari kerumunan. Kegiatan banyak diliburkan seperti sekolah dan himbauan untuk bekerja dirumah. Hal ini tentu dengan tujuan agar tidak menjadi penular virus corona ini.

Social distancing dan physical Distancing
Buat kalian yang ada tidak ada kepentingan jangan keluar rumah dan jika ada kepentingan mendesak dan memaksa kita untuk keluar rumah harap lakukan social distancing dan tidak bersentuhan dengan orang lain. Jaga jarak jika kalian berada di kerumunan 1 - 2 meter. 

Gunakan Masker  Lebih Bijaksana
Penularan virus covid-19 ini bisa juga lewat udara apabila kita berada di dekat orang yang lagi sakit batuk. Kita dianjurkan menggunakan masker, yang  paling dilarang adalah menimbun masker karena sekarang masker sangat dibutuhkan oleh tim medis corona sebagai APD (alat pelindung diri).

Tidak Menggunakan Kendaraan Umum
Apabila ingin pergi disarankan untuk tidak menggunakan kendaraan umum, namun jika terpaksa menggunakan kendaraan umum maka jangan lupa terapkan protokol keselamatan yaitu menjaga jarak hingga 1-2 meter.

Tidak Pergi Ke Tempat Zona Merah
Tempat yang sudah berstatus sebagai zona merah sangat rawan untuk menularkan virus ini. Jadi jangan datang ketempat yang emang dilarang sebaiknya tunggu sampai fenomena ini mereda.

Jaga Kesehatan Dan Imunitas
Kekebalan tubuh merupakan tameng utama tubuh kita agar tidak terkena penyakit. Dengan menjaga imuitas kekebalan tubuh kita makan kita tidak akan mudah terkena virus.

Jangan Menyentuh Hewan
Penyebaran virus korona ini penularannya bisa lewat hewan. Karena virus bisa saja singgah pada hewan tersebut, kemudian malah kita menyentuh hewan ini kita bisa berakibat  tertular. Jadi selalu jaga jarak juga ya buat kalian yang memiliki peliharaan.

Selalu Menuci Tangan Sesering Munkin
Menjaga kebersihan adalah hal utama, setiap kalian melakukan aktifitas sering-seringlah mencuci tangan kalian. Karena dengan mencuci tangan bisa menghilagkan kuman dan virus. jadi gunakan sabun yang ada di dekat kalian. 

Gunakan Masker Jika Sakit Batuk
Apabila kalian sakit batuk maka gunakanlah masker. Biar virus saat anda batuk atau partikel-partikel kecil itu tidak beterbangan di udara. Itulah gunanya kalian menggunakan masker.

Ketika Batuk Gunakan Siku Dalam
Ketika anda batuk pasti menutup mulut kalian dengan telapak tangan padahal itu cara yang kurang benar, kenapa? Karena pada saat batuk virus berpindah ke tangan kalian dan nanti kalau kalian berjabat tangan dengan orang lain maka secara tidak langsung virus berpindah ketangan orang lain.

Jangan Memegang Area Wajah, Hidung, Mata Dan Mulut
Virus itu bisa masuk melewati yang kami sebutkan diatas, seperti  wajah, hidung dan mulut. Terutama pada saat anda berada di luar ruangan atau tempat umum. Secara tidak sengaja apabila kalian menyentuh benda yang ada virusnya, terus tangan kalian menyentuh muka kalian.

Isolasi Mandiri
Apabila kalian datang dari tempat zona merah kalian termasuk masuk kedalam ODP (orang dalam pengawasan) orang  yang berstatus ODP ini adalah orang yang baru datang dari tempat zona merah, jangan lupa kalian tes di puskesmas terdekat agar mendapat penangan dan protokol yang benar dari puskesmas.

Segera Datangi Tempat Penanganan Covid 19
buat kalian yang mengalami batuk, demam, sesak nafas segera kalian mendatangi tempat rumah sakit terdekat agar kalian mendapatkan pelayanan dari dokter dan pemerikasaan lebih lanjut.

Kesimpulan
Itulah informasi buat kalian. Karena kita ketahui wabah yang melanda di seluruh dunia ini yang sudah tergolong pandemik, jadi siapapun bisa tertular. Terapkan pola hidup sehat dan menjaga daya tahan tubuh, jaga keluarga kalian dengan diam aja dirumah dan bekerja dari rumah. Perbanyak berdoa agar wabah virus cor
ona  di dunia ini segara berakhir aamiin. 

Artikel Terkait

Cara Mencegah Penularan Virus Covid-19
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email