Selasa, 25 Juni 2019

Apa Itu Zonasi ? Pengertian, Alasan dan Tujuan diberlakukan Sistem Zonasi Pendidikan di Indonesia

Apa Itu Zonasi ? Pengertian, Alasan dan Tujuan di Berlakukan Sistem Zonasi Pendidikan di Indonesia
Apa Itu Zonasi ? Pengertian, Alasan dan Tujuan di Berlakukan Sistem Zonasi Pendidikan di Indonesia

 

APA ITU ZONASI- apa itu zonasi? zonasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pembagian atau pemecahan suatu area menjadi beberapa bagian, sesuai dengan fungsi dan tujuan pengelolaan.


Akhir-akhir ini kata zonasi banyak di perbincangkan sejumlah kalangan pendidikan terkait polemik peraturan sistem zonasi PPDB dari pemerintah. Sejak tahun 2017, zonasi di berlakukan untuk mengurangi ketimpangan kualitas pendidikan dari kualitas guru, sarana dan prasana, perbaikan kegiatan belajar mengajar dan perbaikan kegiatan kesiswaan. Sistem ini di berlakukan karena sekolah favorit yang ada di kota semakin terbatas kuotanya dikarenanakan siswa dari daerah manapun bisa masuk di sekolah itu. Berbeda dengan sekolah yang ada di daerah pelosok sarana dan prasarana masih terbatas.

Akan tetapi sistem zonasi ini banyak menuai kontroversi bahkan ada yang berbuntut demonstrasi. Orang tua murid ramai-ramai memprotes dan mendesak dari sistem zonasi ini karena mempersulit siswa untuk mendapatkan sekolah negeri. Desakan bukan hanya saat ini terjadi, namun sejak tahun 2017 sudah banyak hujaman terhadap pemerintah untuk di lakukan evaluasi.

Apa Alasan di Berlakukannya Sistem Zonasi di Indonesia?

Bukan karena tidak ada alasan dan tujuan yang mendalam dari pemerintah Kemendikbud melalui Badan Penelitian dan Pengembangan sudah mencapai kajian cukup mendalam. Jika sistem zonasi ini tidak di laksanakan dengan pendekatan, pemerintah akan mendapatkan infomasi yang timpang untuk menyelesaikann persoalan pendidikan. Maka, sistem zonasi inilah yang dianggap tepat untuk melakukan atau menyelesaikan persoalan pendidikan yang ada di Indonesia.

Berikut Tujuan Zonasi di Berlakukan


1. Pemerataan Kualitas Pendidikan

Kebijakan sistem zonasi ini dilakukan untuk mempercepat pemerataan kualitas pendidikan di seluruh Tanah Air. Hal ini diambil  sebagai respon yang terjadi, seperti pola pikir di kalangan masyarakat sekolah favorit dan sekolah kurang favorit yang menandakan kurang meratanya pendidikan dan memastikan seluruh anak usia sekolah terdaftar di area tersebut. Sebagai bentuk tercapainya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia serta untuk perubahan positif bagi bangsa ini.

2. Menciptakan Banyak Sekolah Favorit

Pada mulanya jangkauan sekolah favorit yang jaraknya jauh dari zona. Dengan menggunakan sistem ini sekolah favorit dan berkualitas dapat di jangkau di setiap zona yang jarak tempuhnya tidak terlalu jauh dari rumah tempat tinggal. Jadi sekolah favorit ada di mana-mana.

3. Peningkatan Kualitas Guru

Dengan sistem zonasi kulitas guru dapat di ketahui. Seperti saat Ujian Nasional di suatu daerah(UN) pada mata pelajaran matematika  mendapatkan nilai rendah. Maka di zona tersebut akan berdiskusi tentang mutu pelajaran matematika di zona itu. Dengan kejadian itu pemerintah akan mendorong pelatihan guru profesional oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kerja Guru (KKG).

4. Mendapat Ruang Pengawasan Dari Orang Tua

Orang tua dapat dengan mudah memberikan pengawasan dengan mudah pasca kegiatan belajar mengajar di sekolah selesai. Karena pengawasan yang signifikan antara orang tua dan guru di sekolah terhadap murid, sehingga mengurangi kenakalan dalam kasus banyak terjadi di kalangan siswa, seperti pergaulan bebas,  narkoba, pornografi hingga pemahaman radikal. Dengan demikian kejadian ini dapat dikurangi.

Nah, demikianlah pembahasan tentang apa itu zonasi, alasan dan tujuan sistem zonasi pendidikan di terapkan di Indonesia. Semoga dengan adanya artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Artikel Terkait

Apa Itu Zonasi ? Pengertian, Alasan dan Tujuan diberlakukan Sistem Zonasi Pendidikan di Indonesia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email