Kamis, 15 November 2018

3 Hal Menarik Mengenai Gereja Gantung

Gereja Gantung atau yang sering disebut dengan Santa Perawan Maria, merupakan salah satu gereja yang paling bersejarah dan gereja tertua di Mesir. Mengapa namanya ditambahkan kata gantung, jawabannya adalah karena gereja tersebut dibangun di atas tanah yang juga ditunjang dengan tiang yang menahannya.

Gereja ini juga menjadi gereja koptik yang terkenal di Kairo Mesir, yang dipersembangkan kepada Perawan Maria. Tak heran jika gereja ini juga disebut sebagai Gereja Maria. Gereja ini dibangun pada abad ke 7, namun pada abad ke 11 bangunan ini menjadi kediaman resmi Paus Ortodoks Koptik yang berasal dari Aleksandria.


3 Hal Menarik Tentang Gereja Gantung Yang Perlu Anda Ketahui

1.   Bangunannya yang dibuat menggantung di atas gerbang selatan Benteng Romawi Kuno, yaitu Benteng Babilonia membuat gereja ini ditambahkan katanya dengan kata gantung. Seolah-olah Gereja Gantung ini dibangun dengan cara digantung. Gereja yang termasuk gereja koptik di Kairo ini, dulunya adalah tempat beribadah para prajurit yang mendiami Benteng Babilonia.

2.   Gereja ini kini bergabung dengan beberapa gereja lainnya di dalam 1 komplek yang sama, di satu kesatuan Komplek Kristen Koptik Mesir. Kebanyakan ikon yang berada di dalam gereja ini, berasal dari Abad ke 8. Di dalam gereja tua ini juga ada sebuah tempat atau ruangan, yang dipersembahkan khusus untuk Perawan Maria.

Biasanya gereja ini akan dipenuhi oleh para pengunjung, di hari-hari libur. Anda juga bisa memilih hari libur untuk berwisata di sini.

3.  Pada Gereja Gantung ini juga terdapat pelataran yang sangat indah dengan arsitekturnya yang sangat indah. Bahkan interior gerejanya berhias desain tulang dan juga gading, yang dipengaruhi oleh bentuk geometris dan organic yang menjadi ciri seni pada agama islam. Itulah salah satu keunikan lainnya pada gereja tersebut.

Gereja ini tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah saja, karena gereja ini sudah dijadikan destinasi wisata. Yang cocok dikunjungi oleh anda yang suka dengan wisata religi sekaligus wisata sejarah. Jika berminat, maka anda bisa langsung menggunakan jasa HTTP://INSIGHTOUR.ID/ yang akan memanjakan anda selama melakukan wisata religi tersebut.

Artikel Terkait

3 Hal Menarik Mengenai Gereja Gantung
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email