Rabu, 30 Mei 2018

Hati-Hati, Kolesterol Anda Bisa Meningkat Karena Makanan Ini, Lho

Menurunkan kolesterol memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Salah satu cara termudah untuk mengontrol kolesterol adalah dengan menjaga pola makanan dan membatasi apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Khususnya bagi Anda yang memiliki faktor lain penyebab kolesterol tinggi, seperti riwayat penyakit jantung pada keluarga. Untuk itu, bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan kolesterol, sebaiknya hindari makanan-makanan berikut ini karena mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

1. Kerang. Untuk Anda yang suka mengonsumsi seafood, baiknya berhati-hati, nih. Sebab salah satu jenis seafood yang populer, yakni kerang, ternyata mengandung jumlah kolesterol yang sangat tinggi. Itu baru kerangnya saja, belum bahan olahannya yang sering digunakan untuk meraciknya. Mulai dari mentega atau bahkan bahan lainnya yang tinggi kolesterol. Hmm, terbayang dong berapa kadar kolesterol totalnya?

2. Mentega. Masih berkaitan dengan poin satu, Anda mungkin seringkali menggunakan mentega sebagai pelengkap untuk melezatkan sesuatu. Entah itu untuk olesan roti, sebagai pengganti minyak saat menumis ayam atau daging, dan masih banyak lagi. Meski enak dan gurih, mentega ini ternyata mengandung lemak trans dan sodium yang tinggi sehingga berpotensi meningkatkan kadar kolesterol serta tekanan darah tinggi.

3. Daging merah. Anda pastinya sudah tahu kalau daging merah merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan kolesterol di dalam tubuh. Yap, bagaimana tidak pasalnya daging merah ini juga mengandung lemak di dalamnya. Belum lagi jika diolah dengan digoreng atau dipanggang. Wah, semakin tinggi saja ya kadar kolesterolnya. Jika Anda memang ingin mengonsumsi daging, baiknya pilih bagian dada dan olah dengan cara direbus saja, ya.

4. Fast food. Mengonsumsi fast food memang sudah menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat di Indonesia. Bagaimana tidak, rasanya yang enak dan penyajiannya yang cepat membuat Anda pun tergoda. Namun demikian, hati-hati sebab fast food mengandung banyak lemak trans yang bisa meningkatkan kolesterol jahat.

5. Es krim. Terakhir adalah es krim. Tidak banyak yang tahu bahwa es krim sebaiknya tidak boleh dikonsumsi untuk mereka yang punya kadar kolesterol tinggi. Bagaimana tidak, pasalnya es krim terbuat dari minyak nabati terhidrogenasi dan susu tinggi lemak, yang bisa meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh.
Itu dia beberapa makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Yuk, hindari!

Artikel Terkait

Hati-Hati, Kolesterol Anda Bisa Meningkat Karena Makanan Ini, Lho
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email