Senin, 02 April 2018

5 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Meski Musim Hujan

Menjaga kesehatan di musim hujan tidak cukup hanya mengonsumsi suplemen untuk kesehatan tubuh saja lho. Pergantian musim ini memang rentan menyebabkan penyakit pada tubuh yang tidak kebal dengan perubahan suhu dan kelembapan udara. Oleh sebab itu, kita harus pandai-pandai merawat tubuh agar tidak terjangkit penyakit. Apalagi jika kita merupakan salah satu orang yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan dan aktif pergi kesana kemari. Yuk simak tipsnya!

1. Hindari terkena hujan. Meskipun kita sering beraktivitas di luar, usahakan jangan sampai terguyur hujan ya. Sediakan payung dan jas hujan di tas setiap saat. Sebab, jika basah kuyup terkena hujan, tubuh kita bisa kedinginan dan lebih rentan terkena penyakit seperti influenza misalnya.

2. Jaga kebersihan tubuh. Kebersihan sangat berkaitan dengan kesehatan, jadi jangan diabaikan ya. Terutama pada musim hujan, banyak kuman dan bakteri yang berkembang biak karena kelembapan yang tinggi. Jika kita tidak menjaga kebersihan dengan baik, dikhawatirkan kuman dan bakteri lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Karenanya, rajin-rajinlah membersihkan tubuh, mencuci pakaian dan mencuci tangan setelah menyentuh benda-benda di tempat umum.

3. Perhatikan kebersihan lingkungan. Selain menjaga kebersihan tubuh, kita juga perlu memperhatikan kebersihan lingkungan. Misalnya di kamar, pastikan sprei, kasur, lantai, dan perabotan lainnya bersih dari debu dan tidak begitu lembap.

4. Gunakan masker. Seperti yang sudah dijelaskan, di musim hujan kuman dan bakteri lebih mudah tersebar. Ada baiknya kita mencegahnya untuk masuk ke tubuh kita dengan menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut. Jika ada rekan atau keluarga kita yang sakit, kita juga bisa meminimalisir risiko tertular lewat bakteri di udara dengan menggunakan masker.

5. Jaga pola makan dan minum. Tentunya hal-hal di atas akan sia-sia jika tidak diimbangi dengan pola makan dan minum yang baik. Terutama di musim hujan, kita perlu mengonsumsi makanan-makanan sehat. Hindari gorengan, makanan yang terlalu asin atau manis dan konsumsilah air dengan cukup setiap hari.

Itu dia upaya yang bisa kita lakukan untuk menjaga tubuh di musim hujan. Semoga bermanfaat! (Rima)

Artikel Terkait

5 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Meski Musim Hujan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email