Selasa, 23 Januari 2018

4 Sayuran Penurun Kolesterol di Tubuh

Bagi Anda yang tidak suka mengonsumsi oatmeal untuk meredakan kolesterol, maka bisa coba menurunkan kolesterol dengan mengonsumsi sayuran hijau.  Hal ini karena sayuran hijau mengandung senyawa flavonoid, lutein yang bemanfaat untuk mempercepat proses penurunan kolesterol yang mengendap di dalam tubuh. Inilah daftar sayuran yang bisa membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh tersebut, check it out:

1. Buncis
Agar kolesterol tidak meningkat, rutinlah mengonsumsi buncis. Sebab buncis mengandung lemak baik, sehingga sekalipun Anda memakannya dalam jumlah besar maka tidak akan menaikkan kadar kolesterol. Tidak hanya itu, buncis juga mengandung karbohidrat yang bagus untuk penderita diabetes yang mengalami resistensi insulin. Supaya hasil yang diberikan maksimal, baiknya buatlah buncis ini dalam bentuk jus yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dan kadar trigliserida di dalam tubuh.

2. Seledri
Apakah Anda suka seledri yang biasa dijadikan sebagai topping untuk bakso maupun soto ini? Sebagian dari Anda mungkin ada yang suka dan tidak, bukan? Nah, tahukah Anda, jika seledri ternyata sangat bermanfaat loh untuk kesehatan karena mengandung senyawa flavonoid sehingga dapat membantu menormalkan kembali kadar kolesterol di tubuh. Akan tetapi, sedikit saran, alangkah baiknya konsumsilah seledri ini secara mentah ataupun di jus tanpa diberi pemanis buatan. 

3. Brokoli
Kadar kolesterol di tubuh bisa diturunkan jika Anda rutin mengonsumsi sayuran brokoli. Kenapa harus brokoli? Yap, ini karena brokoli tinggi akan kandungan serat sehingga bisa memenuhi asupan serat harian Anda serta menurunkan kolesterol. Jika sudah begini, tentu kolesterol pun bisa diturunkan dengan sangat baik. Di samping itu, brokoli juga bisa membantu proses detoksifikasi sehingga ampuh untuk menangkal radikal bebas yang masuk tanpa disengaja ke dalam tubuh. 

4. Bayam
Mengonsumsi bayam setiap hari maka dapat menurunkan kadar kolesterol. Benar, kah? Ya, ini benar adanya sebab bayam mengandung senyawa lutein yang bisa membantu menyingkirkan kolesterol yang menempel di dinding pembuluh darah. Dan kandungan ini juga sangat bagus untuk kesehatan mata. 

Itulah beberapa sayuran yang bisa mempercepat proses penurunan kadar kolesterol di tubuh. Semoga bermanfaat! –SH–

Artikel Terkait

4 Sayuran Penurun Kolesterol di Tubuh
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email