Kamis, 07 September 2017

7 Fakta Tentang Usus Buntu yang Perlu Diketahui

Artikel Kesehatan - Usus buntu merupakan salah satu penyakit yang sudah banyak dikenal masyarakat luas. Cek saja di klinik health care di dekat rumah Anda, tanyakan berapa banyak pasien yang datang dan berobat untuk mengatasi radang usus buntunya. Hanya saja, meskipun usus buntu sudah dikenal masyarakat, masih ada miskonsepsi atau salah paham mengenai usus buntu ini. Nah, agar Anda tidak salah memahami tentang usus buntu, cek dulu fakta seputar hal ini dalam artikel berikut!

1. Organ dalam tubuh
Tidak seperti yang disangka mayoritas orang, usus buntu bukanlah nama penyakit melainkan nama organ bagian dalam tubuh. Usus buntu atau appendix merupakan bagian dari saluran pencernaan dan terdapat di pangkal usus besar. Usus buntu bukanlah organ yang tak memiliki fungsi, sebab usus buntu berperan untuk membantu sistem kekebalan tubuh.

2. Radang usus buntu tidak mengenal usia
Penyakit ini bisa menyerang kapan saja, tak peduli tua atau muda. Namun demikian, mayoritas kelompok orang yang mengidap penyakit ini adalah remaja atau dewasa muda yang berusia 20 tahunan.

3. Gejala usus buntu memiliki tanda yang khas
Seseorang dikatakan mengidap usus buntu jika menemui gejala nyeri di sekitar pusar yang berpindah ke perut kanan bawah, demam, mual muntah, penurunan nafsu makan, dan ketika dicek darah akan terlihat peningkatan sel darah putih.

4. Usus buntu bisa berubah menjadi penyakit jika terjadi peradangan
Ketika seseorang mengindap penyakit usus buntu, itu artinya terjadi peradangan dalam ususnya. Penyakit ini dikenal juga sebagai appendicitis dan bukan penyakit turunan serta tidak menular. Penyebabnya tak lain dan tidak bukan adalah karena sumbatan atau infeksi pada usus.

5. Usus buntu bisa pecah
Ketika rasa nyeri akibat radang usus menghilang, jangan langsung menghela napas lega. Sebab hal ini bisa saja merupakan efek pecahnya usus buntu yang menjadi awal komplikasi yang lebih berbahaya.

6. Jika tidak ditangani, radang usus buntu akan berakhir pada peritonitis
Peritonitis adalah peradangan dari selaput pembungkus perut dan dapat menyebabkan infeksi menyebar dalam rongga perut. Kejadian ini juga menyebabkan terkumpulnya nanah pada usus buntu, sehingga menyebabkan abses.

7. Operasi radang usus buntu
Jika seseorang mengidap radang usus buntu, maka salah satu penanganan yang disarankan adalah operasi. Tujuannya adalah untuk memotong dan membuang usus buntu yang bermasalah. Namun demikian, sebelum melakukan operasi, pengidap radang usus buntu bisa mencoba antibiotik dulu sebelum dibedah.

Nah, semoga beberapa hal di atas mengenai usus buntu ini bisa memberi Anda pencerahan. Semoga membantu!

Artikel Terkait

7 Fakta Tentang Usus Buntu yang Perlu Diketahui
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email