Kamis, 24 Agustus 2017

Tips Cerdas Mencari Judul Skripsi

Skripsi adalah mata kuliah yang berbeda dari mata kuliah lainnya. Kalau dalam mata kuliah lainnya seperti mata kuliah kalkulus misalnya. kita tinggal datang, duduk, diam dan dengarkan (D4). kalaupun ada tugas, tinggal buka buku yang ada contoh soalnya kemudian ikuti caranya tugaspun selesai.

Namun tidak pada mata kuliah yang satu ini ( SKRIPSI ), untuk menyelesaikannya kita harus belajar ekstra. harus lebih giat dan lebih rajin karna skipsi merupakan jenis tulisan ilmiah yang isinya tidak asal - asalan. Jika dalam bentuk penelitian maka harus banyak referensi yang kita pakai berkaitan dengan judul kita.
Tips Cerdas Mencari Judul Skripsi
Saat semester akhir datang mulailah para mahasiswa S1 mengerjakan skripsi, namun ada beberapa bahkan banyak mahasiswa yang tidak mengerjakan bahkan belum mulai hanya karena satu permasalahan yaitu belum dapat judul. padahal kalau kita sedikit lebih cerdas untuk membuka jendela pikiran kita maka judul itu sebenarnya ada di sekitar kita.

Berikut ada beberapa tips untuk mencari dan menemukan judul skripsi

1. Ketahui Minat Anda
Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu mencari tahu apa minat anda. karena minat akan mendatangkan niat yang nantinya akan mengarahkan pada tujuan anda yaitu mencari judul. untuk mengetahui minat silahkan tanyakan sendiri pada diri anda atau dengan melihat mata kuliah mana yang saya sukai dan nilai saya bagus.

2. Ikut Kuliah (Ngulang)
Ikut kuliah lagi bersama adik - adik tingkat bukan berarti bodoh, tapi sekarang anda ikut kuliah karena ingin merefresh ilmu yang sudah lama tidak diotak atik. memang kalau kita ngulang mata kuliah kita terlihat bodoh namun ada banyak hikmah yang bisa anda dapatkan diantaranya yaitu.
  • Dapat teman baru
  • Memperdalam mata kuliah yang bersangkutan, dan
  • Bisa mendapat judul

3. Ikut Seminar dan Diskusi
Ikuti seminar - seminar yang berkaitan dengan minat anda. dengan begitu maka wawasan anda akan semakin luas karena dalam seminar biasanya yang dibahas berkaitan dengan apa yang ada dilapangan. sehingga anda punya kesempatan untuk berdiskusi tentang minat anda lebih banyak. tak lupa diskusikan dengan teman anda, barangkali teman bisa memberikan lebih banyak referensi.
4. Nongkrong di Perpustakaan
Jika sebelumnya anda malas atau mungkin tidak pernah datang ke perpustakaan, sekarang coba langkahkan kaki sobat ke perpustakaan. perpustakaannya tidak usah jauh - jauh cukup diperpus fakultas aja biar cepat cari bukunya. Bacalah buku sebanyak - banyaknya, makin banyak referensi makin besar juga peluang dapat judul.

5. Baca Jurnal atau Skripsi
Mungkin di perpustakaan terlalu banyak buku sampai tidak tahu harus baca yang mana. Jadi untuk lebih hemat waktu dan tenaga langsung saja ambil skripsi para alumni yang membahas tentang sesuatu yang anda minati. Bacalah dibagian latar belakang dan penutupnya. di BAB penutup biasanya ada saran yang bisa anda lanjutkan untuk dinalisa. Contohnya seperti ini :
Diharapkan dapat dilakukan penelitian selanjutnya tentang : perencanaan dimensi saluran drainase dengan memperhitungkan perubahan tata guna lahan dengan berdasrkan GIS
Baca juga :

6.  Nonton atau Update Berita Hangat
Jangan terlalu sibuk update status sampai lupa uodate berita. berita bisa memberikan banyak informasi yang bisa anda simak, ikuti dan telusuri sampai kepada suatu permasalahan yang bisa diangkat menjadi suatu judul yang menarik. karena salah satu sebab judul itu diangkat adalah karena ada masalah. jadi cobalah mencari permasalahan - permasalahan sesuai minat anda.

7. Jalan - Jalan
Orang cerdas tidak berjalan tanpa tujuan melainkan harus ada sesuatu yang bisa dibawa pulang. jika sebelumnya sobat liburan hanya selfie dan berfoto sekarang cobalah lihat disekeliling sobat dan bertkata "ini menarik, ini bisa diangkat, ini bisa jadi judul". Saran saya jika sobat jalan - jalan jangan malu untuk foto - foto. perbanyak foto dari objek yang berbeda - beda dan dari view yang berbeda - beda juga. jangan hanya silfie. dan ketika sampai dirumah lihat lagi gambarnya dan temukan ide kreatif sobat.

8. Konsultasi ke Dosen
Setelah sobat mendapat banyak referensi dan mungkin sudah dapat judul. sekarang saatnya sobat maju, konsultasikan ke dosen yang bersangkutan. insya Allah jika judul atau topik sobat menarik maka akan langsung diterima namun jika tidak, dosenpun akan memberikan penjelasan untuk meluruskan topik sobat.

9. Proyek Dosen
Biasanya ada aja tu dosen yang punya banyak proyek. sobat bisa ikut nimbrung dengan begitu sobat tidak perlu repot - repot lagi kesana kemari mencari topik karena ada bisa mendapatkannya dari proyek tersebut. Ikut proyek dosen memang ada resikonya yaitu agak sedikit molor, namunn ada banyak hal luar biasa yang bisa sobat dapatkan, seperti :
  • Pengalaman sebelum anda jadi sarjana
  • Lebih banyak menikmati fasilitas, baik kampus ataupun fasilitas pribadi dosen (jadi gak rugi bayar terus, 😁😁)
  • Data yang anda butuhkan sudah ada, tinggal pakai.
  • Dan plus - plus lainnya.
Selamat mencoba, cepat selesai skripsinya.
Jangan menua dikampus 😆

Artikel Terkait

Tips Cerdas Mencari Judul Skripsi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email