Jumat, 19 Mei 2017

Beberapa Penyebab Batuk Kronis (Part 1)

Banyak orang yang mengenal bahwa batuk adalah salah satu jenis penyakit. Buktinya, ketika kita bertemu seseorang yang sedang sakit dan sering batuk, dan kita menanyakan apa penyakitnya, banyak yang akan menjawab ia sedang sakit batuk. Padahal, sebenarnya batuk ini adalah gejala dari suatu penyakit yang biasanya diketahui setelah memeriksakan diri ke dokter menggunakan asuransi kesehatan syariah.

Batuk bisa terjadi dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Untuk batuk yang pendek bisa disebabkan karena tersedak, atau gejala dari penyakit ringan seperti flu biasa. Namun, jika batuk ini sudah terjadi hingga berminggu-minggu, maka sebaiknya kamu mulai curiga adanya penyakit yang lebih serius dalam tubuhmu. Apa sajakah penyakit kritis tersebut? Menurut situs health.com berikut ini adalah beberapa diantaranya:

Asthma and allergies
Asma adalah sebuah penyakit paru-paru kronis dimana saluran udara di paru-paru sangat rentan terhadap inflamasi dan pembengkakan. Selain batu, ada beberapa gejala lain dari erangan asma, yaitu sesak nafas dan sesak dada. Sementara, untuk alergi ini biasanya batuk akan muncul ketika ada pemicunya. Misalnya, ada yang alergi terhadap bulu binatang, maka ketika ada bulu binatang di sekitarnya orang tersebut akan batuk terus menerus.

Chronic obstructive pulmonary disease atau (COPD)
COPD (Penyakit Paru Obstruktif Kronis) adalah kondisi dimana saluran udara dan kantung udara pada paru-paru mengalami kerusakan atau peradangan. COPD ini sering ditemukan pada perokok atau seseorang yang berusia di atas 45 tahun. Penderita COPD ini akan menghasilkan lendir dalam jumlah yang lebih banyak dibanding normal, sehingga tubuh akan merespon untuk berusaha mengeluarkan lendir dengan batuk.

Gastroesophageal reflux disease (GERD)
GERD adalah penyakit perut dan kerongkongan yang terjadi ketika asam lambung naik ke atas kerongkongan karena katup yang lemah. Gejala lain dari penyakit ini selain batuk yaitu, rasa mulas pada perut dan juga munculnya rasa nyeri pada dada.

Respiratory tract infection (Infeksi Saluran Pernafasan)
Batuk merupakan gejala umum untuk penyakit flu, pilek atau beberapa infeksi saluran pernafasan lainnya. Namun, terkadang batuk ini bisa terjadi lebih lama dibandingkan dengan gejala lainnya. Hal ini bisa disebabkan karena saluran udara di paru-paru tetap sensitif. Pada kondisi ini, maka akan disebut dengan sindrom batuk kronis saluran pernafasan. Salah satu infeksi saluran pernafasan yang sering menyebabkan penderitanya batuk yaitu pneumonia. Namun, biasanya akan disertai dengan gejala lainnya juga, seperti demam, menggigil, dan beberapa gejala lain.

Selain keempat penyebab di atas, masih ada 4 penyebab lainnya. Namun, akan kita bahas di penyebab batuk kronis part 2 ya. Selamat membaca, dan semoga bermanfaat. (Vita)

Artikel Terkait

Beberapa Penyebab Batuk Kronis (Part 1)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email