Sabtu, 19 November 2016

Tips Membaca Buku Dengan Mudah

Haloo ! teman - teman yang setia mengunjungi blog ini. kali ini saya akan bagikan sekilas mengenai tips membaca buku.

Belajar adalah kegiatan yang sangat penting bagi setiap kita para pencari ilmu, namun meskipun belajar adalah penting kebanyakan dari kita susah untuk membuat diri kita menjadi orang yang rajin dalam belajar. ada sifat yang biasa di sebut malas yang merupakan sifat buruk manusia karena selalu membawa penyesalan setelah sesuatu terlewatkan dan kita tidak melakukannya karena malas teersebut.

foto : (sedang membaca)
sumber : cdn*idntimes*com
Ada beberapa hal yang membuat kita malas untuk membaca buku, seperti :
  • bukunya kurang menarik
  • cuaca tidak bersahabat
  • kondisi tempat kurang mendukung
  • hati lagi kacau
  • dan lainnya
Berbagai macam kategori yang bisa di katakan belajar, tidak harus membaca buku namun pada umumnya orang belajar identik dengan membaca. oleh karena itulah saya membahas tentang tips membaca buku.

Tips saya ketika membaca buku :

Awali dengan Niat

gambar : (niat)
sumber : 3*bp*blogspot*com
Sebenarnya bukan hanya membaca buku yang harus di awali dengan niat tapi semua pekerjaan yang akan kita lakukan harus di awali dengan niat yang baik. dengan niat bahwa kita akan belajar dengan baik untuk mendapat ilmu dari apa yang kita baca. dengan begitu kemungkinan kita akan lebih serius dalam membaca setiap kata dan kalimatnya.

Lihat Judul

Setiap orang ketika mau membaca buku yang pertama kali di lihat adalah judul buku atau sampulnya. karena setiap judul akan mempunyai daya tarik yang berbeda utuk menarik minat para kutu buku, ketika kita akan membaca buku umum (diluar bidang) wajar saja kalau kita melihat judulnya dulu kemudian membaca kalau mau. tapi bagaimana jika buku itu adalah materi kuliah kita dan sampulnya jelek, jangankan baca liat saja ogah.
Gambar : (Judul Buku)
Sumber : Ziyadbuku*file*wordpress*com
Oleh karena itu kembali ke niat bahwa kita akan membaca untuk mencari ilmu, ada sebuah kalimat yang berbunyi "don't just look in the cover" ini adalah kalimat yang bagus, ingatlah kata ini ketika anda akan membaca buku yang sampulnya jelek.

Ajukan Pertanyaan
Gambar : (menyusun pertanyaan)
Sumber : 4*bp*blogspot*com
Setelah melihat judul, ajukanlah pertanyaan tentang judul tersebut karena dengan begitu anda akan berusaha mencari jawaban di dalam buku tersebut. semakin banyak pertanyaan yang anda buat makan semakin banyak anda membaca untuk mencari jawaban dari pertanyaan anda.

contoh :
Judul Buku : Kreatif Berfikr (Gambar di atas)

Dari judul buku di atas, susunlah beberapa pertanyaan, misalnya :

  • kenapa harus berfikir kreatif ?
  • bagaimana cara berfikir kreatif ?
  • Faktor apa yang membuat kita kreatif dalam berfikir ?
  • Seperti apa sih kreatif berfikir itu ?
Sebelum masuk ke halaman pertama, ingat untuk selalu membuat pertanyaan sebanyak - banyaknya. sehingga setelah anda membuka dan mulai membaca anda sudah tau apa tujuan anda membaca. karena dengan adanya tujuan maka kita akan giat membaca untuk mencari jawaban yang sudah di list tadi.

Dalam kata lain, kita harus tahu apa yang kita baca sehingga kita bisa mengerti dan memahami isi buku tersebut setelah selesai membaca.


Kebanyakan dari kita malas untuk membaca
kalaupun sudah membaca kita tidak tahu apa yang kita baca
dan kaluapun sudah tahu apa yang dibaca kita tidak tahu lagi apa yang harus di lakukan setelahnya.

Hal seperti ini tentunya sangat tidak kita harapkan, sehingga perlu adanya tujuan dalam membaca sebuah buku.

Buat Kesimpulan

Seperti biasanya ketika membaca sebuah buku, materi, artikel, novel dan lainnya. yang di lakukan setelah kita membaca adalah mengambil kesimpulan bagaimana isi dari buku tersebut.

Kesimpulan di ambil dari jawaban - jawaban pertanyaan yang sudah anda susun di awal. karena pertanyaan - pertanyaan yang anda buat sebenarnya adalah garis besar dari buku yang di baca. itulah kenapa penting untuk membuat pertanyaan di awal sebelum anda mulai membaca.

Ketika anda bisa membuat kesimpulan, pastinya anda akan bisa menjelaskan isi buku tersebut kepada teman anda. dan kalau anda sudah bisa menjelaskan kepada orang lain maka anda sudah paham dengan isi buku tersebut seperti yang di katakan oleh Albert Einstein "If you can't expalin it simply, you don't understand it well enough"


Gambar : (Albert Einstein)
Sumber : www*google*co*id
Sekian artikel mengenai tips membaca buku, semoga setelah membaca artikel ini pengunjung bisa jadi lebih rajin dan pahan dengan buku yang di baca. dan menjadi kutu buku sejati.

Terima Kasih ! sampai jumpa.

Artikel Terkait

Tips Membaca Buku Dengan Mudah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email