Jumat, 10 April 2020

Cara Menampilkan Layar Android Ke PC Atau Komputer



Buat kalian yang inigin tahu caramenampilkan layar smarpone android ke PC apakah bisa atau tidak? Tentunya bisa. Menampilkan tampilan layar ke android ini sitilahnya sama dengan mirroring. Jadi dengan mirroring layar smarphone kalian bisa tampil di Notebook, Laptop atau Komputer tergantung device yang kalian gunakan.

Pernakah kalian saat bermain game ingin berbagi rekaman dan ingin agar layar android yang kalian mainkan muncul di layar PC. Tentu pasti berfikiran seperti itu. Ada juga yang berfikiran ingin nonton video di android tapi karena layarnya yang kecil sehinga memilih untuk menampilkan di layar yang lebih lebar.

Aplikasi yang saya bagikan sekarang namanya adalah scrcpy bacanya sulit tapi aplikasi ini saya rekomnedasikan karena sangat cocok dari pada aplikasi mirroring laiinya karena aplikasi in hampir tidak ada delay. Cocok untuk bermain game, yang ingin menampilkan layar smartphonenya ke pc.

Alat yang dibutuhkan :
·         Smartphone android
·         Kabel data
·         PC/notebook
·        Aplikasi scrcpy kalian bisa download disini

Langkah pertama
Setelah kalian meng-ekstrak aplikasi scrcpy yang berbentuk zip tadi, silahkan buka foldernya dan klik dua kali pada file scrcpy, saya kasih tanda warna kuning. Lihat gambar di bawah
Cara Menampilkan Layar Android Ke PC Atau Komputer

Maka akan tampil seperti tampilan dibawah
Cara Menampilkan Layar Android Ke PC Atau Komputer

Langkah kedua
Selanjutnya colokkan USB dari smartphone kalian ke PC. Namun sebelum kalian mencolokkannya kalian harus merubah setting dan pengaturan di smarhpone kalian. Lihat contohnya kalian harus mengubah setingan terlebih dahulu ke mode debugging USB.  Sebagai contoh saya menggunakan hp android Xiaomi Redmi 4X. buka pengaturan >> Setelan Tambahan >> Opsi Pengembang >> geser ke bawah cari Debugging USB jika sudah ketemu klk aktifkan
Cara Menampilkan Layar Android Ke PC Atau Komputer


Apabila kalian tidak menemukan opsi pengembang dalam pengaturan. Kalian bisa mengaktifkannya dengan menjadi pengembang. Caranya silahkan buka Pengaturan >> Tentang Ponsel >>  cari tullisan versi android setelah ketemu klik 3 kali.

Catatan selain aplikasi in bisa menampilka layar di PC, kelebihan aplikasi ini kalian juga bisa mengendalikan smartphone kalian dengan Toucpad & keyboard di notebook canggih bukan. Untuk mengaktifkan fitur ini silahkan kalian pergi ke pengaturan  >> setelan tambahan >> opsi pengembang >> aktifkan Installl Via USB dan Debungging USB (setelan keamanan). Setelah selesai semua 

Cara Menampilkan Layar Android Ke PC Atau Komputer

ikuti langkah selanjutnya.

Langkah ketiga
Tutorial menampilkan layar android ke smartphone ke laptop sangat mudah bukan, Setelah settting smarphone sudah selesai silahkan colokkan USB dari smarphone ke PC. Tunggu sampai PC mendeteksi smartphone kalian.

Gambar tampilan vertical
Cara Menampilkan Layar Android Ke PC Atau Komputer

Gambar tampilan horizontal
Cara Menampilkan Layar Android Ke PC Atau Komputer

Tekan tombol kombinasi CTRL+F agar tampilan layar menjadi full screen.

Kelebihan aplikasi  scrcpy
Delay hampir tidak ada (tergantung PC & smartphone yang kalian pakai)
Bisa menggunakan mode horizontal dan vertical
Tidak membuat kinerja RAM berat
Bisa dikontrol menggunakan touchpad dan keyboard pc

Kekurangan aplikasi scrcpy
Smartphone harus terhubung dengan PC menggunakan kabel data

Itulah cara menampilkan layar android ke PC atau mirroring layar ke PC menggunakan aplikasi scrcpy. Ingat gunakan aplikasi ini dengan bijak. Jika kalian mengalami kesulitan dalam tutorial ini silahkan tanyakan ajukan pertanyaan ke kolom komentar. Dengan fast respon kami akan segera menjawab pertanyaan kalian. Terimakasih tunggu artikel selanjutnya.

Tags :
cara menampilkan layar smarphone ke laptop
cara menampilkan layar smarphone ke notebook
tutorial menampilkan layar smarphone ke laptop
tutorial menampilkan layar smarphone ke notebook
cara menampilkan layar android ke laptop
cara menampilkan layar android ke notebook
tutorial menampilkan layar android ke laptop
tutorial menampilkan layar android ke notebook
mirroring tampilan layar android ke PC

Artikel Terkait

Cara Menampilkan Layar Android Ke PC Atau Komputer
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email