Selasa, 19 Februari 2019

Selain Premi, Ini yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Beli Asuransi!

Premi asuransi dalam bahasa inggris disebut dengan istilah insurance premium. Yaitu sejumlah uang yang dibayarkan oleh nasabah asuransi kepada perusahaan asuransi secara berkala sebagai bentuk kompensasi yang dilakukan oleh tertanggung (nasabah) kepada penanggung (perusahaan asuransi). Premi sering juga disebut sebagai risk premium (premi risiko) sebab semakin besar risiko yang ditransfer maka semakin besar pula premi yang ditanggung. Tentunya Anda yang telah mengikuti sebuah asuransi dan rutin membayar premi asuransi jiwa sudah paham betul mengenai pengertian premi. 

Namun, masih banyak masyarakat yang memilih tidak membeli asuransi dikarenakan biaya premi yang mahal. Padahal, selain premi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli asuransi.


Pertimbangan Sebelum Membeli Produk Asuransi Selain dari Harga Premi

1. Pilih Perusahaan Asuransi Terbaik

Ada beberapa kriteria yang dapat menentukan apakah perusahaan yang menawarkan premi asuransi jiwa itu baik atau tidak seperti:

a. Ranking perusahaan minimal masuk 5 besar dunia. Seperti asuransi Allianz yang pernah menduduki peringkat 1 dunia pada tahun 2016.

b.  Perusahaan sudah diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

c. Memiliki modal kuat, dengan RBC di atas 120% (Standar OJK).

2. Produk Asuransi Lengkap serta Memenuhi Kebutuhan Asuransi Jiwa Dasar serta Manfaat Tambahan Lainnya

Asuransi jiwa dan kesehatan yang pada dasarnya dibutuhkan seperti:

a.  Uang pertanggung jawaban dialokasikan untuk santunan meninggal dunia, kritis saat sakit, dan cacat tetap total (sebab sakit kritis ataupun kecelakaan).

b. Terdapat biaya pengobatan seperti rawat jalan maupun rawat inap dan biaya medis lainnya.

c.  Apabila pembayar premi meninggal ataupun sakit kritis dan cacat maka ada pembebasan premi.

d.  Merupakan tabungan asuransi unit link.

3. Biaya Asuransinya Murah

Biaya asuransi atau akuisisi dari unit link Allianz dapat dikatakan termurah dibandingkan dengan asuransi besar lainnya. Sehingga nasabah Allianz mendapatkan keuntungan dalam perkembangan nilai investasinya serta manfaat uang pertanggungan yang didapat lebih besar.

4. Pelayanan yang Bagus

Perusahaan asuransi Allianz sudah terbukti memberikan pelayanan yang bagus dengan dibuktikan oleh banyaknya penghargaan prestisius sejak berdiri di Indonesia pada pelayanan nasabah serta performa keuangan perusahaan. Salah satunya yaitu memperoleh penghargaan “Most Victorius Insurance Company” 2017 (berturut-turut selama 4 tahun).

Artikel Terkait

Selain Premi, Ini yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Beli Asuransi!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email