Selasa, 16 Januari 2018

6 Tips Buka Usaha di Tahun 2018 dan Hindari Kesalahannya

Waktu terus berjalan dari tahun ke tahun hingga kita berjumpa di tahun 2018 ini. Dan salah satu topik yang makin didiskusikan oleh masyarakat ialah berbisnis dan menjadi pengusaha, dari yang muda hingga yang tua sama-sama berenergi untuk bersama-sama membuka usaha bisnis.

 Walaupun banyak pula yang takut gagal dan langsung berhadapan dengan rintangan ketika baru membuka usaha bisnis, maka satu kata yang harus kita ingat ialah “Jangan Pantang Menyerah!”.

Karena sejatinya untuk menjadi seorang pengusaha Anda memang perlu untuk menyiapkan strategi dan memperkuat mental dalam menghadapi segala resiko dan rintangan yang ada.

Membangun usaha sendiri memang tidaklah mudah, tetapi bukan berarti hal yang mustahil untuk dilakukan. Siapa saja bisa menjadi orang yang sukses dalam berbisnis, asalkan kerja keras, dan cerdas dalam mengeksekusi strategi!

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa sobat terapkan dalam membuka usaha di tahun 2018 ini. Terutama bagi Anda yang baru memulai bisnis dari awal,

Tips Buka Usaha Baru di Tahun 2018 yang dirangkum oleh sanjayator dari beberapa sumber terpercaya:
1. Mengurus Izin Usaha
Apabila Anda memang merencakan agar bisnis dapat Go Nasional bahkan Internasional, terpercaya dan profesional. Maka mengurus izin usaha adalah salah satu tips yang harus digenapkan. Seperti perizinan usaha, dokumen pajak, dan dokumen legal lainnya.

Manfaat lain jika Anda memiliki izin usaha ialah dapat dijadikan sebagai sarana perlindungan hukum, memudahkan dalam mengembangkan usaha, dan gampang untuk mengajak bekerja-sama dengan instansi pemerintah.

2. Membangun Brand Awareness
Hal yang paling penting dalam membangun bisnis adalah membangun awareness bisnis dimata konsumen. Mengapa sangat penting? Karena Brand Awareness tidak hanya mengundang calon konsumen untuk membeli produk/jasa Anda tetapi juga membuat mereka untuk terus-menerus menjadi pelanggan setia sobat.

Dengan Brand Awareness, bisnis Anda akan lebih jauh dikenali sehingga dapat membangun kepercayaan konsumen. Apabila sudah banyak khalayak umum mengenal bisnis Anda, maka bukan hal yang mustahil lagi jika malah konsumen yang mendatangi bisnis Anda.

Bagi perusahaan besar, Brand Awareness juga menjadi tolak ukur kinerja sebuah Brand Bisnis. Mulai agar mudah melebarkan sayap bisnis hingga mendatangkan dana investasi yang besar. Bahkan apabila terjadi penurunan Brand Awareness, segala strategi marketing akan dilakukan hanya untuk menaikkan level Brand Awareness kembali.

Brand Awareness juga poin bertambahnya nilai produk, jasa, atau sebuah perusahaan. Sehingga sangat disarankan bagi Anda untuk jauh-jauh hari merencanakan bagaimana cara meningkatkan Brand Awareness Anda.

Tahu Starbuck? Apa bedanya minuman Starbuck dengan minuman lainnya? Padahal bisa saja sama-sama enak atau bahkan ada yang lebih enak dari Starbuck, tapi mengapa harga Starbuck lebih mahal dan banyak penikmatnya daripada minuman lainnya? Jawaban singkatnya adalah Brand Awareness.

3. Pantang Menyerah dan Harus Terus Berkembang
Ketika Anda merintis sebuah usaha, jangan pernah melihat rumput tetangga. Artinya jangan melihat kisah sukses mereka, karena malah Anda akan tergoda untuk mencoba bisnis mereka dan malah meninggalkan bisnis Anda.

Yang benarnya dengarlah kisah mereka dalam mempertahankan dan mengembangkan bisnis mereka. Lalu amati, riset, tiru, dan modifikasi cara mereka untuk diaplikasikan dalam bisnis Anda.

Sama halnya jika Anda sedang dalam badai (usaha bisnis jalan ditempat dan gak maju-maju) maka caranya adalah Anda harus bertahan dari badai, bukannya keluar dan menantang badai, bisa-bisa terlempar terbawa angin.

Baru jika badai telah selesai (usaha bisnis telah lancar) dan melihat pelangi yang indah (pendapatan yang mengalir terus) maka itulah tanda bahwa Anda harus melangkah maju (mengembangkan usaha atau berinvestasi di bidang lain yang potensial).

4. Merencanakan Strategi yang Matang
Tips lain jika sobat ingin membangun sebuah usaha adalah dengan merencanakannya terlebih dahulu strategi macam apa yang akan dieksekusi untuk usaha bisnis Anda tersebut. Tentukan market bisnis dan kenali calon konsumen Anda.

Termasuk cek bagaimana dukungan dana finansial Anda untuk membangun usaha bisnis. Apakah usaha bisnis yang sobat rencanakan bisa dibangun dengan modal sendiri atau butuh tambahan modal dari pinjaman.

5. Hindari Kesalahan Fatal Saat Membuka Usaha
Nah, dalam membangun usaha bisnis baru, pasti kita akan terus mendapati trial dan error sebelum menuju kesuksesan bisnis. Dan belajar dari pengalaman kegagalan, kita bisa menjadi lebih baik lagi. Tapi bukan dari kegagalan kita saja, kita pun bisa belajar dari kegagalan wirausaha secara umum dalam membangun usaha baru.

6. Selalu Beradaptasi
Jaman sekarang semakin berubah, bahkan berubah sangat cepat. Teknologi berkembang pesat, dan mau tidak mau Anda harus terus beradaptasi untuk selalu berkolaborasi dengan teknologi. Jangan sampai jalan ditempat dan gak mau sama sekali berinovasi untuk mengembangkan bisnis dengan Sumber Daya yang ada.

Anda harus terus-menerus mencoba dan mencoba hal-hal baru untuk mengembangkan bisnis dan selalu siap akan perubahan. Jangan terpaku pada ide lama, karena ide ada masanya akan kedaularsa. Apalagi di jaman digital ini.

Kesalahan Umum dalam Membuka Usaha Baru
1. Meremehkan Marketing
Hal yang paling fatal dan jangan sampai sobat lakukan adalah meremehkan marketing. Padahal tiap waktu dan tiap tahun, strategi pemasaran kian berkembang dan makin banyak jenisnya. Ditambah lagi pemasaran adalah ujung tombak bisnis Anda.

Apalagi dikolaborasikan dengan teknologi, marketing sekarang muncul dengan gaya dan jangkauan yang lebih luas yaitu Digital Marketing. Dengan Digital Marketing, Anda dapat mempromosikan produk/jasa bisnis di khalayak jutaan bahkan milyaran orang hanya dengan sentuhan jari, Bayangkan!

2. Tidak Memahami Seluk-Beluk dan Problematikanya
Salah satu kesalahan paling umum ialah terkadang banyak orang yang ingin membuka usaha, karena tergiur dengan kesuksesan orang lain sehingga langsung membuka usaha tanpa strategi dan tanpa memahami seluk-beluk dan problematika seperti apa yang akan dihadapi.

Seharusnya sebelum membuka dan membangun usaha bisnis, selain merencanakan strategi bisnis Anda harus terlebih dahulu tahu bagaimana keadaan bidang usaha yang akan Anda geluti. Selalu ikuti seminar bisnis, workshop, membaca buku, dan artikel-artikel yang bermanfaat lainnya di Internet.

3. Tidak Sigap Dalam Mengambil Peluang
Hal yang paling menyayangkan dan sering pula dilakukan oleh wirausaha pada umumnya adalah tidak sigap dalam mengambil peluang, entah karena takut gagal atau terlalu banyak berpikir hingga tak ada action sama sekali dalam mengeksekusi peluang yang ada.

Padahal dalam mengembangkan bisnis, bukan hanya kerja keras yang kita lakukan, tetapi dengan memanfaatkan momentum itu juga sangat penting dalam melebarkan sayap bisnis.

4. Tidak Mengembangkan Jaringan Bisnis
Jaringan dalam dunia bisnis adalah fondasi, karena dengan jaringan bisnis yang luas, bisnis mampu untuk bertahan dan berdiri tegak. Dan semakin luas jaringan yang dimiliki, kesempatan dalam menumbuhkan bisnis pun semakin mudah.

5. Tidak Peka Terhadap Konsumen
Bisa saja sobat memiliki startegi pemasaran yang hebat tapi itu gak akan berhasil jika kita tidak mengikut-sertakan keinginan konsumen di dalam strategi pemasaran kita. Konsumen adalah kunci keberhasilan bisnis, makanya banyak pakar marketer yang bilang bahwa konsumen adalah raja.

Jika Anda mampu menaklukan hati raja maka seluruh negeri adalah kepunyaanmu, begitu pula jika mampu menaklukan hati konsumen maka kesempatan menguasai pasar semakin besar, apalagi bila dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Artikel Terkait

6 Tips Buka Usaha di Tahun 2018 dan Hindari Kesalahannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email