Kamis, 02 November 2017

Benarkah Mual Saat Hamil Tanda Kandungan Sehat?

Ketika seorang wanita yang telah menikah mulai sering merasa mual, pasti akan banyak yang langsung menebak bahwa wanita tersebut tengah hamil. Wajar saja karena mual memang menjadi salah satu tanda kehamilan yang cukup banyak dialami pada awal kehamilan. Memang, mual pada saat awal kehamilan adalah hal yang wajar dan dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda. Bahkan, banyak juga yang bilang bahwa mual saat hamil justru tanda kandungan sehat.

Benarkah demikian?

Menurut situs alodokter, mual saat hamil ini adalah hal yang sangat wajar terjadi dan memang bisa menjadi salah satu tanda kandungan sehat. Hanya saja, kondisi ini bisa dikatakan wajar jika Anda mengalaminya dalam batas yang wajar atau tidak berlebihan. Mual saat hamil atau yang sering disebut morning sickness ini bisa disebabkan karena beberapa hal, diantaranya:
  • Produksi hormon kehamilan atau hormon human chorionic gonadotropin.
  • Peningkatan kadar hormon estrogen
  • Semakin sensitivnya ibu hamil terhadap bau atau aroma
  • Meningkatnya stres saat kehamilan
  • Adanya infeksi pada saluran kencing

Jika mual muncul akibat 3 poin teratas yang telah disebutkan, maka hal tersebut wajar dan biasanya semakin lama akan semakin berkurang dengan bertambahnya usia kandungan. Jadi Anda tidak perlu panik. Namun jika mual muncul akibat 2 poin terakhir, maka sebaiknya Anda lebih waspada dan segera periksakan kesehatan Anda. Apalagi pada ibu hamil yang bekerja, meningkatnya strres terkadang sulit dihindari. Apalagi ketika sedang dikejar deadline atau terdapat masalah pada pekerjaannya. Itulah alasannya banyak orang yang masih mempertanyakan amankah ibu hamil tetap aktif bekerja? Meskipun begitu jika Anda mampu mengatur tingkat stres dengan baik, sebenarnya tidak perlu takut tetap bekerja saat hamil.

Anda sebaiknya juga mulai waspada jika mual yang Anda rasakan disertai dengan muntah yang cukup parah. Apalagi jika ternyata akibat muntah yang berlebihan ini Anda sampai tidak bisa mengonsumsi makanan apapun. Padahal pada saat hamil, ada banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk kesehatan Anda dan perkembangan janin. Jadi masalah ini tidak bisa disepelekan.

Selain itu, meskipun mual pada awal kehamilan bisa menjadi tanda kandungan sehat, bukan berarti Anda yang tidak mengalami masalah ini berarti memiliki masalah pada kandungannya ya. Sebab memang ada sekitar 20% ibu hamil dari total keseluruhan yang tidak mengalami masalah ini. Jika Anda masih merasa ragu, Anda bisa melakukan konsultasi pada dokter kandungan untuk memastikan bahwa kandungan sehat. Jadi Anda bisa merasa tenang. (Vita)

Artikel Terkait

Benarkah Mual Saat Hamil Tanda Kandungan Sehat?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email