Rabu, 18 Januari 2017

Cara Menolong Korban Kecelakaan

Seiring perkembangan dunia, kendaraan sebagai prasarana transportasi semakin berkembang pesat pula. Sehingga banyaknya pengguna kendaraan mengakibatkan tingkat kecelakaan di jalan juga semakin meningkat.

Foto : (Menolong Korban)
Sumber : img*okezone*com
Apa yang harus di lakukan ketika melihat orang kecelakaan ? yang pati menolong korban tersebut. Namun untuk menolong korban, harus tahu apa yang harus dilakukan.

Dan inilah beberapa hal yang perlu di lakukan untuk menolong korban kecelakaan
Cara menolong korban kecelakaan di jalan :
  • Lihat Kiri Kanan.
    Sebelum menolong korban kecelakaan di jalan. lihatlah ke kiri dan kanan jangan langsung lari menuju korban karna anda juga perlu menjaga keselamatan diri sendiri. "Jangan sampai anda menjadi korban berikutnya". Setelah aman barulah anda menuju korban untuk memberi pertolongan.
  • Evakuasi
    Evakuasi korban kecelakaan dari jalan ke tempat yang aman agar tidak mengganggu arus lalu lintas sehingga tidak menimbulkan kemacetan.
  • Tanyakan "Apakah baik - baik saja ?"
    Tanyakan, apakah korban tersebut baik - baik saja ? pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi korban agar mudah minta bantuan.
  • Beri Ruang
    Biasanya korban kecelakaan syok/kaget yang menimbulkan kondisi pernafasannya tidak teratur, pusing sehingga perlu di beri ruang untuk mengatur nafasnya.
  • Segera Minta Bantuan
    Jika butuh penanganan serius, segera hubungi ambulance dan berikan keterangan yang jelaas mengenai kondisi korban seperti apa, alamatnya temapat kejadian dimana dan bantuan apa yang dibutuhkan.
  • Beri Perawatan Sementara
    Sambil menunggu bantuan datang, berilah bantuan atau perawatan sementara settidaknya menenangkan korban, kipas - kipas atau yang lainnya yang di perlukan.
  • Hubungi Keluarga Korban
    Agar anda tidak banyak di repotkan sama si korban, cobalah untuk menhubungi keluaganya. cari identitas korban di handphone (HP) atau dompet milik korban. ( Ingat ! Mencari identitas bukan mencari keuntungan )
    Beritahu kondisi korban kepada keluarga dengan nada yang baik, jangan membuat keluarga jadi kaget dan syok mendengarnya
    [Baca Juga]
Mungkin ada yang perlu di lakukan selain yang di atas, silahkan inisiatif agar korban kecelakaan bisa selamat. Semoga bermanfaat.

Sekian, terima kasih !

Artikel Terkait

Cara Menolong Korban Kecelakaan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email