Rabu, 06 Januari 2016

Makanan dan Minuman Pengusir Kantuk

Rasanya, bisa tidur disaat kita mengantuk merupakan hal yang patut disyukuri karena rasa kantuk tidak selalu datang disaat yang tepat, misalnya saat kita beraktivitas di siang hari baik di kantor maupun di sekolah. Banyak hal yang dapat menyebabkan kita merasa ngantuk saat memulai aktivitas seperti kurangnya jam tidur, sarapan terlalu banyak, atau jika kita menggunakan pemanas air di rumah, mandi dengan menggunakan air panas juga akan membuat mata kita terasa berat. Lalu bukannya menjadi semangat beraktivitas, pikiran kita justru tertuju pada selimut dan kasur di rumah. Nah, biar tidak mengantuk, biasanya meneguk secangkir kopi menjadi jalan keluarnya. Akan tetapi, tidak semua orang suka meminum kopi karena beberapa efek samping yang dihasilkan. Untungnya, terdapat beberapa jenis makanan dan minuman lainnya yang dapat kita konsumsi untuk mengusir rasa kantuk.

Air Putih
Air mineral atau yang biasa kita sebut air putih ini memang memiliki sejuta manfaat bagi tubuh kita. Salah satunya dapat mengurangi dehidrasi tubuh dan memenuhi kebutuhan okisgen di otak sehingga badan dan pikiran kita terasa segar dan rasa kantukpun berkurang.

Makanan Pedas
Siapa yang tidak suka dengan solusi penghilang kantuk yang satu ini? Makanan pedas akan membuat mata kita melek karena menjaga sirkulasi darah tetap segar dan meningkatkan detak jantung. Namun, bagi para pencinta rasa pedas, jangan sampai lupa diri ya, hindari makan berlebihan karena dapat membahayakan kondisi perut. Kalau rasa kantuknya hilang tapi malah jadi sakit perut kan percuma saja.

Cokelat Hitam
Kandungan yang ada di dalam cokelat dapat meningkatkan dopamine atau hormon yang membuat kita merasa bahagia sehingga pikiran akan terasa fresh kembali. Baiknya kita mengonsumsi jenis coklat hitam yang tidak mengandung terlalu banyak pemanis sehingga lebih baik untuk mengusir rasa kantuk.

Permen Karet
Mengonsumsi permen karet juga dapat membuat kita terjaga. Memang bukan disebabkan oleh kandungan permen karet, tapi aktivitas mengunyah akan membuat otot kita bekerja sehingga mengurangi rasa kantuk yang ada.

Yogurt
Selain baik untuk sistem pencernaan, kandungan protein dalam yogurt akan membuat tubuh kita lebih segar. Apalagi jika di konsumsi saat dingin, maka pikiran dan tubuh kita akan terasa segar kembali dalam sekejap.

Wah, ternyata selain rasanya yang nikmat, makanan dan minuman di atas dapat membantu agar tubuh kita tetap terjaga ya, selamat beraktivitas! (Rima)

Artikel Terkait

Makanan dan Minuman Pengusir Kantuk
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email