Kamis, 29 Januari 2015

Diet Mediterania Solusi Diet Sehat

Artikel Kesehatan - Tentunya sudah banyak hal dilakukan untuk dapat cara menurunkan berat badan dengan cepat. Berbagai cara diet ataupun olahraga kini sudah banyak jenisnya khusus untuk menurunkan berat badan. Namun apakah semua diet itu baik untuk kesehatan. Karena terkadang seseorang melakukan diet ketat tanpa memperhatikan asupan gizi yang didapatkan. Hal ini menyebabkan tuuh menjadi kekurangan nutrisi yang malah menyebabkan menjadi penyakit. Ada satu metode diet yang diklaim sebagai metode diet yang sehat.

Diet Mediterania adalah metode diet yang diadaptasi dari kebiasaan makan yang dilakukan oleh orang - orang yang dihidup di Mediterania. Menu makanan yang biasa dikonsumsi lebih banyak sayuran dan buah - buahan. Jenis makanan lainnya adalah ikan, kentang, rempah - rempahan, kacang - kacangan, biji - bijian dan tidak terlewat minyak zaitun. Semua makanan itu biasanya dipanggang atau direbus dan untuk sayur dan buah dikonsumsi secara segar (salad). Untuk daging atau telur dikonsumsi sangat jarang dan walaupun harus dikonsum biasanya dipanggang atau direbus, walaupun harus digoreng harus menggunakan minyak zaitun.

Diet mediterania ini sangat sehat dan terbukti dapat menurunkan berat badan dengan aman. Dengan mengkonsumsi banyak sayur dan buah - buahan yang mengandung banyak vitamin sangat baik untuk kesehatan ditambahkan lagi dengan minyak zaitun yang ditambahkan rempah - rempah untuk dijadikan dressing pada salad. Konsumsi ikan juga diperbanyak seperti ikan salmon, sarden karena banyak mengandung omega 3. Rempah - rempah pada menu mediterania ini memiliki manfaat yang sangat baik, seperti dapat menghangatkan tubuh serta dapat menghambat nafsu makan sehingga makan dapat terkontrol.

Untuk pemilihan daging atau protein lain seperti ayam harus dipilih bagian yang memiliki kandungan lemak yang sedikit. Masyarakat Mediterania sangat jarang mengkonsumsi makanan daging - dagingan ini. Hindari juga konsumsi makanan daging olahan seperti sosis, bakso dan olahan lainnya dalam menjalankan program diet ini.

Sebenarnya dalam menjalankan program diet apapun sebaiknya selalu memperhatikan asupan yang diperlukan tubuh. Jangan karena hanya ingin menurunkan badan dengan cepat melakukan diet ketat yang dapat membuat tubuh kekurangan nutrisi dan vitamin sehingga dapat menyebabkan sakit dan diet menjadi gagal. Olahraga dan pola hidup yang sehat juga diperlukan untuk menunjang program diet yang sedang dilakukan, termasuk diet mediterania ini.

Artikel Terkait

Diet Mediterania Solusi Diet Sehat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email