Selasa, 03 Desember 2013

Gejala Tumor Otak

Tumor Otak adalah sebuah penyakit yang terjadi pada bagian otak. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan sel abnormal pada otak. Tumor Otak dapat berasal dari otak itu sendiri atau dari bagian tubuh lain yang merambat ke otak. Tumor otak memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan, mulai dari kelumpuhan hingga kematian.

tumor otak
Tumor otak memiliki beberapa gejala yang dapat dirasakan oleh penderitanya. Ada beberapa gejala tumor otak yang dapat dideteksi, diantaranya.
  • Nyeri kepala
Nyeri pada bagian kepala adalah gejala yang sering terjadi pada tumor otak. Nyeri kepala mulai ringan sampai berat dan berdenyut, biasanya akan menambah berat pada sast malam hari dan ketika bangun tidur pagi. Nyeri kepala yang periodik dan pada waktu yang sangat lama harus diperhatikan dan dicurigai sebagai tumor otak.
  • Sering muntah
Seringnya muntah tanpa disertai rasa mual atau muntah yang bersifat proyektil. Gejala sering muntah ini juga perlu dicurigai sebagai tumor otak.
  • Lumpuh bagian muka atau badan
Pada kondisi tertentu, penderita tumor otak dapat mengalami kelumpuhan sebagian pada bagian muka atau bagian tubuh. Hal ini terjadi karena adanya sesuatu yang tidak normal pada otak bagian tengah.
  • Kejang
Bangkitan kejang atau kejang demam dapat menjadi salah satu gejala tumor otak. Bangkitan kejang yang perlu diperhatikan, bangkitan yang terjadi pertama kali pada usia 25 tahun. Mengalami kejang hingga epilepsi.
  • Menurunnya daya ingat
Penurunan daya ingat, hal ini dipengaruhi bermasalahnya organ otak yang disebabkan tumor otak.
  • Kaki dan tangan yang kaku
Kaki dan tangan yang mulai kaku terasa sulit untuk digerakan. Hal ini dikarenakan terdapat gangguan syaraf pada otak karena tumor.

Tumor otak merupakan sebuah penyakit yang sangat berbahaya bila tidak diantisipasi sejak dini. Dengan mengetahui gejala tumor otak sejak dini dapat membuat tumor otak dapat ditangani dan diobati.

Artikel Terkait

Gejala Tumor Otak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email