Kamis, 04 Juli 2019

Apa Itu Phising? Kenali Cara Kerja dan Ciri-Ciri Phising

Apa Itu Phising? Kenali Cara Kerja dan Ciri-Ciri Phising
Bahaya Phising

Istilah Phising berasal dari kata”fishing” atau memancing cara ini bisa dikatakan mencuri informasi akun millik pribadi mengambil alih untuk tujuan tertentu. Jadi pengertian phising adalah suatu metode untuk mendapatkan password dengan cara mengelabui target dimana tampilannya menyerupai situs aslinya.

Banyak didunia maya teknilk penyebaran phising, penyebarannya bisa melalui link yang mengarah ke halaman yang dituju dengan tampilan yang hampir mirip dengan aslinya ke target dengan tujuan menjebak si korban, untuk menghindari phising ini pengguna harus berhati-hati

Lahan para pencuri akun dengan teknik phising ini adalah sosial media. Mereka menyebar link dengan embel-embel yang menarik supaya ada yang terperangkap dari link yang dikirim membuat pengguna bisa terjebak dengan link palsu. Selain itu gambar yang mereka pakai menggunakan gambar yang menarik.

Selama ini banyak kasus kejahatan phising yang terjadi karena kurang berhati-hati dan tidak punya pengalaman tentang metode phising artis hingga pejabat pun menjadi sasaran karena memilki pengikut yang tidak sedikit.

Cara Kerja dan Ciri-Ciri Phising


Jika kita mengetahui cara kerja phising maka kita akan lebih mudah menghindarinya dan mendeteksi agar tidak terjebak.

1. Menyebarkan link, dengan cara ini pencuri akun akan melakukan degala cara agar mendapatkan mangsa. Dari link yang disebar akan disisipi kata-kata yang dapat menariik targetnya. Biasanya juga menyertakan gambar yang menarik untuk mengelabui.

2. Setelah kita melakukan kik . mereka akan mengarakhkan kita ke situs palsu yang mereka buat sendiri. Seperti halnya tampilan facebook, seolah-olah kita logout dari akun kita dan meminta kita untuk kembali memasukkan username dan passwordnya. Apabila kita sampai menginput keduanya maka dipastikan peretas sudah dapat mengetahui username dan password kita. Tidak dapat disangka bahwa tampilan yang menyerupai aslinya merupakan tiruan yang dibuat.

3. Apabila sudah terlanjur memasukkan username dan passwornya otomatis data kita tersimpan ke server peretas . kita masih punya waktu untuk merubah password sebelum peretas mengetahui lebih dulu.

4. Jika kita terlambat . maka peretas kemungkinan akan menggunakan akun kita untuk menyebarkan link phising kembali menggunakan akun kita. Dengan tujuan mendapatkan korban lebih banyak.

Teknik untuk mendapatkan aku orang lain dengan menggunakan metode phising adalah cara yang mudah. Itu sebanya didunia maya banyak tersebar rujukan alamatyang mengarahkan browser kita ke alamat phising. Selebihnya apabila memilliki teknik desain untuk menyerupai tampilan aslinya maka dengan lebih mudah mendapatkan akun dengan teknik phising ini. jika kita tidak berhati-hati dalam mengunjungi sebuah liink yang membuat kita tertarik sehingga akun kita diambil alih.

Artikel Terkait

Apa Itu Phising? Kenali Cara Kerja dan Ciri-Ciri Phising
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email